Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Targetkan Swasembada Beras 2018

Kementerian Pertanian menargetkan Kalimantan Timur (Kaltim) swasembada beras pada 2018. Target ini didukung dengan area lahan pertanian seluas 20.000 hektare.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menargetkan Kalimantan Timur (Kaltim) swasembada beras pada 2018. Target ini didukung dengan area lahan pertanian seluas 20.000 hektare.

Selain itu, Kaltim didorong untuk merealisasikan indeks tanam yang biasanya sekali dalam setahun menjadi dua kali tanam setahun. Apabila rencana ini dieksekusi, maka diyakini bisa menekan harga beras, angka inflasi rendah, dan menyetop pembelian beras dari luar provinsi.

“Kami akan menyiapkan bibit unggul," tutur Menteri Pertanian Amran Sulaiman melalui keterangan resminya, Selasa (28/3/2017).

Senada, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meyakini Kaltim bisa mencapai target produksi padi sebesar 608.000 ton pada 2018. Sebelumnya, Kaltim masih kekurangan produksi padi sekitar 80.000 ton per tahun.

Namun, dengan tingkat produksi rata-rata 6,5 ton per hektare, diyakini pada 2018, swasembada beras di Kalimantan Timur bisa terwujud. Peningkatan hasil produksi ini dibuktikan oleh para petani di Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Penajam Paser.

“Ïni sangat menggembirakan. Apalagi, jika sistem pengairan para petani semakin baik. Kami akan perhatikan masalah pengairannya agar produksi padi Kaltim terus meningkat," imbuh Awang.

Pertanian Kaltim diyakini akan semakin maju dengan dukungan berupa bantuan alsintan maupun perbaikan infrastruktur pengairan. Maka, petani didorong untuk membiasakan diri memanfaatkan alsintan berupa mesin panen serta handtractor untuk mendukung kemajuan pertanian Kaltim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper