Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dampak dari Keputusan Nasib Pabrik Semen Rembang

Apa yang akan terjadi jika akhirnya KLHS menolak pendirian Pabrik Semen Indonesia di Rembang.
Foto areal pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Gunem, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (22/3)./Antara-Yusuf Nugroho
Foto areal pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Gunem, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (22/3)./Antara-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Nasib pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang akan diputuskan besok oleh KHLS.

Apa yang akan terjadi jika akhirnya KLHS menolak pendirian Pabrik Semen Indonesia di Rembang. Setidaknya ada 2 hal yang akan menjadi efek lanjutan dari keputusan KLHS pada 30 Maret 2017.

Efek pertama adalah masalah internal dari Semen Indonesia. Jika KLHS tidak menyetujui pendirian dari Semen Indonesia, maka saham Semen Indonesia akan goyah dan bisa mengganggu proses RUPS yang akan dilaksanakan pada hari yang sama denga keputusan KLHS. Efek kedua, merupakan efek yang akan terasa oleh masyarakat luas.

Jika KLHS menolak pendirian Semen Indonesia di Rembang, maka target pengadaan semen di Indonesia akan mengalami defisit. Pembangunan Semen Rembang dan selanjutnya Semen Tuban, merupakan usaha Semen Indonesia untuk menyediakan pasokan semen di Indonesia.

Jika KLHS menolak pendirian Semen Indonesia di Rembang yang memiliki kapasitas 4 juta ton/tahun, maka dikhawatirkan adanya penolakan yang sama di rencana Pembangunan Semen Tuban yang memiliki kapasitas 14 juta ton/tahun.

Jika itu terjadi, maka Indonesia akan mengalami kekurangan pasokan semen dan proses pembangunan infrastruktur akan terhambat. Diluar dari itu semua, jika KLHS menolak pendirian Pabrik Semen Rembang, maka wilayah dari proyek Semen Indonesia di Rembang merupakan lahan bebas dimana perusahaan semen lain bisa mengajukan pendirian pabrik semen di lokasi tersebut.

Wakil Sekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade mengkhawatirkan, pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang jadi korban kepentingan politik kalangan tertentu. Dia menilai, proyek pemerintah yang telah menggelontorkan uang Rp4 triliun itu juga bisa mensejahterakan masyarakat sana. Untuk itu, Andre menduga ada kepentingan politik disana.

Di lain sisi, jika pembangunan pabrik terus berlabjut, juga dikhawatirkan akan memicu pertentangan dari pihak lain, termasuk masyarakat yang selama ini menolak pendirian pabrik itu.

Sebelumnya, Jokowi diminta untuk membatalkan izin PT Semen Indonesia yang akan mendirikan pabrik di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, karena izin tersebut dianggap sebagai bentuk penyelundupan hukum.

Selain itu,  belasan warga yang menolak keberadaan pabrik semen di Kabupaten Rembang, Selasa (14/3/2017), mengecor kaki mereka memakai semen padat. Desakan mereka adalah: agar Jokowi mencabut izin pendirian pabrik semen yang mereka nilai bisa membahayakan lingkungan hidup. Di wilayah perbukitan kapur, lapisan-lapisan kedap tangkapan air terhadap di bawah tanah.Karena itu, keputusan dari KHLS akan menentukan nasibnya kelak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper