GE Ajak Mahasiswa RI Pecahkan Unimpossible Missions

MediaDigital
Senin, 8 Mei 2017 | 14:41 WIB
Bagikan

Tak ada yang mustahil bagi Chris Nguyen, seorang mahasiswa teknik dari University of Wisconsin-Madison, salah satu pemenang kompetisi internasional yang disponsori oleh General Electric. Dengan idenya, Nguyen dapat membuktikan bahwa setiap orang dapat melakukan apa saja bahkan yang tidak mungkin dilakukan sekalipun.

Chris Nguyen, adalah satu dari tiga pemenang dari Unimpossible Missions: The University Edition yang diperuntukkan bagi universitas di seluruh dunia. Nguyen berhasil memecahkan Unimpossible Missions berupa menjaga bola salju tetap utuh dalam perjalanan pulang-pergi ke wilayah yang layak disebut sebagai ‘neraka’ karena penuh jilatan api.

Atas kemenangan itu, Nguyen dan dua pemenang lainnya diberi kesempatan magang berbayar selama 10 minggu di pusat GE Global Research Center manapun yang mereka inginkan pada tahun ini.

Bagi pemenang utama, di luar dari kesempatan magang, dia juga akan memenangkan hadiah beasiswa senilai lebih dari $100.000, dan idenya akan dibuat video sebagai Unimpossible Missions berikutnya.

Selain tantangan A Snowball’s Chance in Hell, GE Global Research Center (GRC) juga mengajak mahasiswa di dunia untuk melakukan dua pekerjaan yang mustahil untuk dilakukan yaitu mengubah tembok menjadi pendengar yang baik, dan menyimpan petir dalam botol.

GE Ajak Mahasiswa RI Pecahkan Unimpossible Missions

Tak hanya Nguyen, pelajar Indonesia pun memiliki kesempatan yang sama untuk ikut dalam kompetisi tersebut. PT GE Technology Indonesia (GE), bagian dari GE global, perusahaan industri kelas dunia yang mengedepankan inovasi digital untuk mendorong pertumbuhan industri dengan perangkat dan solusi berbasis software mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam memecahkan hal yang tak mungkin dilakukan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya GE Indonesia untuk ikut berperan aktif meningkatkan kualitas sumber daya manusia Tanah Air sehingga siap untuk berkarier lebih lanjut pada bidang ini.

Pada sekitar awal 2016, GE global bermitra dengan NineSigma mengajak mahasiswa dari 125 universitas teknik terkemuka di dunia untuk unjuk gigi di perlombaan tingkat internasional: Unimpossible Missions: University Edition.

Di Indonesia, GE telah mengundang para mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas ternama di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung, Universitas Atmajaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatera Utara.

GE Ajak Mahasiswa RI Pecahkan Unimpossible Missions

Untuk berpartisipasi, para mahasiswa mendaftarkan diri di NineSigma, memilih tema yang ada pada guideline dan menyelesaikan persoalan yang telah ditetapkan. Selama pertandingan, peserta akan mendapatkan GE Technology Toolkit yang akan menguraikan garis besar teknologi dan sumber daya yang dimiliki oleh GE untuk membantu Anda menciptakan ide solusi.

Banyak keuntungan yang didapatkan dalam kegiatan ini. Selain hadiah yang ditawarkan oleh GE kepada para pemenang seperti beasiswa pendidikan dan magang di GE, para peserta juga mendapatkan kesempatan berkolaborasi langsung dengan para peneliti GE yang memiliki keahlian di berbagai bidang.

Dan hal itupun disambut antusias para pelajar di seluruh dunia. Bahkan selama kompetisi ini berlangsung tahun lalu, total ada 31 ide atau inovasi yang diajukan dari Indonesia, terkait solusi atas persoalan ke dalam bentuk eksperimen menggunakan teknologi GE.

Kompetisi yang telah mengumumkan deretan pemenang pada 20 Juli 2016 lalu ini menawarkan kesempatan berharga pada generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas dan memecahkan limitasi yang ada dengan menunjukkan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper