XL Axiata dan PBNU Kolaborasi

Lavinda
Selasa, 23 Mei 2017 | 01:10 WIB
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk. dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkolaborasi mendorong masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan perkembangan teknologi digital secara positif melalui program XL Nusantara.

Melalui Program ‘XL Nusantara: Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital’, kedua pihak akan bersama-sama memfasilitasi anggota NU dan masyarakat agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif guna mewujudkan kedaulatan dan kemakmuran Indonesia di era digital.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siroj dan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini di Jakarta, Senin (22/5). Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Plt. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi untuk memberi nilai tambah terhadap produktivitas dan kualitas hidup. Selain itu, program tersebut bertujuan mendukung pemerintah mengakselerasi ekonomi kreatif berbasis digital, mendorong pertumbuhan konten-konten positif untuk melawan ekstrimesme digital.

Teknologi digital terus berkembang dengan cepat, memasuki dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat. Maka seluruh pemangku kepentingan diharapkan bisa bertanggung jawab untuk menghindari dampak negatif.

“Hal pertama, XL Axiata akan memberikan dukungan dengan mewujudkan pusat komando atau Command Center di kantor PBNU,” katanya, Senin(22/5/2017).

Command Center difungsikan untuk keperluan penyediaan konten kreatif berupa teks, audio atau video yang akan disiarkan melalui berbagai media digital. Command Center juga akan bertindak sebagai sarana pelaporan tanggap darurat jika ada kejadian luar biasa di lingkup jamaah NU.

Said Aqil Siroj menilai kolaborasi itu diharapkan mampu menggerakkan potensi bangsa dan negara untuk memenangkan persaingan global. Pemanfaatan teknologi digital di lingkup kepengurusan NU bermanfaat untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam berkomunikasi.

Komunikasi multi arah dalam komunitas besar akan menstimulasi partisipasi aktif anggota menyampaikan ide dan aspirasi. Hal itu diyakini akan mendorong kreativitas kolektif anggota komunitas NU untuk melahirkan inovasi-inovasi berupa program ekonomi, sosial maupun budaya.

Dalam pertemuan tersebut dijelaskan, program XL-Nusantara akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta hiburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper