PERSIAPAN MUDIK: Operator Diminta Antisipasi Lonjakan Trafik di Bandara

Lavinda
Selasa, 23 Mei 2017 | 13:23 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian  Komunikasi dan Informatika mengimbau operator seluler memeriksa jaringan di wilayah padat pemudik menjelang Lebaran dan mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan moda pesawat terbang.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat membuka apel siaga kesiapan jelang Bulan Ramadan dan Lebaran di Lapangan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Apel siaga yang dilakukan secara rutin setiap tahun itu melibatkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) dan seluruh operator seluler.

"Apel ini acara rutin untuk meningkatkan layanan  jaringan telekomunikasi khususnya pada masa Lebaran. Mudik adalah fokus kami, karena selain spesifik, jumlah pemudik juga masif," ujar Rudiantara.

Kementerian memperkirakan terjadi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan moda pesawat terbang. Sementara itu, lonjakan penumpang kereta api tak signifikan karena kapasitas yang tersedia, begitu juga angkutan darat yang terbatas dari sisi infrastruktur.

“Meski demikian, saya minta operator cek jaringan bukan hanya di bandara, tapi pelabuhan dan terminal juga harus disiapkan dengan baik," tuturnya.

Pengujian (drive test) dilakukan untuk memastikan performansi jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran, khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik dan arus balik lebaran 2017.

Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 di beberapa area. Pertama, titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan). Kedua, jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat). Ketiga, titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, dan Semarang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper