Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Mudik Lebaran, Jasa Marga Kebut Pembangunan Parking Bay

Menghadapi musim mudik Lebaran, Jasa Marga menghadirkan fasilitas Parking Bay yang tersebar di beberapa titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci. Parking Bay sendiri merupakan alternatif tempat beristirahat bagi para pemudik.
Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7)./Antara
Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi musim mudik Lebaran, Jasa Marga menghadirkan fasilitas Parking Bay yang tersebar di beberapa titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci. Parking Bay sendiri merupakan alternatif tempat beristirahat bagi para pemudik.

Berbeda dengan rest area, Parking Bay hanya menyediakan beberapa fasilitas utama antara lain toilet, musholla, dan lahan parkir, tanpa keberadaan tenant dan SPBU.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan bahwa fungsi dari Parking Bay sebagai alternatif beristirahat pengguna jalan.

"Parking Bay berfungsi untuk menambah kapasitas rest area yg kebutuhannya meningkat pada saat libur panjang dan arus mudik-pulang lebaran," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (23/05).

Pada Jalan Tol Jakarta Cikampek, terdapat tiga lokasi parking bay yaitu, di KM 18, KM 41, dan KM 59 bagi pemudik yang akan menuju Cikampek. Sementara untuk arah Jakarta, tersedia dua titik pada Km 34 dan 58.

Sementara pada Jalan Tol Palimanan-Kanci, parking bay terdapat di KM 191. Pembangunan Parking Bay ini diharapkan dapat melayani pengguna jalan yang ingin beristirahat, mengingat keberadaan tempat istirahat (rest area) saat liburan panjang dan musim mudik lebaran tidak mampu menampung kebutuhan pengguna jalan.

Denny Chandra, Deputy General Manager Maintenance Cabang Jakarta-Cikampek mengungkapkan bahwa pembangunan Parking Bay di ruas Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap finishing dan siap digunakan pada mudik lebaran.

"Parking Bay hanya akan dibuka saat long weekend dan mudik saja. Sampai saat ini, tahap pembangunan sudah menyentuh angka 98%, kecuali pada KM 58 yang masih 65%. Namun kami upayakan Parking Bay ini sudah siap digunakan sejak H-20 Lebaran," ujarnya.

Dia mengatakan, Jasa Marga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kenyamanan pengguna jalan melalui optimalisasi pelayanan disepanjang jalan tol Jasa Marga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper