Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Indonesia Kembangkan Budi Daya Bawang Putih di Sembalun NTT

Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan budi daya bawang putih di Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Pedagang menata bawang putih di kiosnya di Pasar Tradisional Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (8/5)./Antara-Jojon
Pedagang menata bawang putih di kiosnya di Pasar Tradisional Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (8/5)./Antara-Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan budi daya bawang putih di Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana mengatakan Pupuk Indonesia bersama anak usahanya PT Pupuk kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengembangkan kembali bawang putih Sembalun.

“Kami telah menyalurkan bantuan pupuk dan bibit bawang putih kepada petani. Kami juga akan melakukan pendampingan dan pengawalan teknologi kepada petani dalam melakukan budi daya untuk meningkatkan produktivitas pertanian bawang putih”, kata Wijaya dalam siaran pers, Selasa (23/5/2017).

Dia menjelaskan sampai dengan awal Mei 2017 bibit bawang putih telah ditanam di lahan petani di Desa Sembalun Bumbung. Saat ini umur tanaman sekitar satu setengah bulan dan sedang dalam masa pertumbuhan.Program tersebut sejalan dengan penugasan dari Pemerintah melalui Kementerian BUMN untuk ikut terlibat dalam upaya mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun.

Pada Januari lalu, Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kaltim menyerahkan bantuan sarana produksi yang diberikan kepada Kelompok Tani berupa pupuk NPK 16-16-16, pupuk hayati Ecofert, Biodekomposer Biodex dan bibit bawang putih sebanyak 1,8 ton dengan total senilai Rp150 juta.

“Selain bantuan pupuk dan bibit bawang putih, kami juga akan melakukan uji coba tanam dalam melaksanakan penelitian atau demplot (demonstration plot) bawang putih, demplot seluas 2 hektare ini berada di Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang, masing-masing 1 hektare dalam rangka meningkatkan hasil dan kualitas pertanian,” jelas Wijaya.

Wijaya mengungkapkan, perseroan melalui Pupuk Kaltim akan menyiapkan pupuk, bibit dan pendampingan bersama instansi terkait sehingga pengembangan pertanian bawang putih di Desa Sembalun dapat terlaksana dengan baik."Hasil panen demplot tersebut nantinya akan diserahkan seluruhnya kepada petani pelaksana" ungkapnya.

Program budi daya bawang putih ini merupakan salah satu realisasi dari pelaksanan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kaltim. Adapun bantuan yang disalurkan adalah bantuan pupuk dan benih bawang putih senilai Rp150 juta, pengembangan demplot Rp220 juta serta bantuan pembangunan sarana ibadah di Masjid Nurul Huda Sembalun senilai Rp15 juta.

Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat merupakan sentra penghasil bawang Putih,tahun 1980-1990 menjadi periode kejayaan bawang putih sembalun, sebagai sentra produksi bawang putih terbesar di Indonesia sembalun juga menjadi sandaran hidup masyarakat Sembalun.

Hampir seluruh petani menanam bawang putih karena keuntungan yang diperoleh hampir 3 kali lipat dari modal usaha taninya. Luas lahan tanam bawang putih lebih dari 900 ha. Varietas bawang putih yang ditanam adalah Sangga Sembalun yang merupakan varietas unggulan daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper