Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag dan RGE Group Gelar Pasar Murah di Riau

Kementerian Perdagangan dan kelompok usaha Raja Garuda Emas (RGE) menggelar pasar murah di 16 titik di lima Kabupaten di Riau yang ditujukan bagi warga kurang mampu untuk meringankan beban dalam menghadapi Idulfitri tahun ini.
Direktur RGE Anderson Tanoto (dari kanan), Gubernur Riau  Arsyadjuliandi  Rachman, dan Mendag Enggartiasto Lukita saat membuka pasar murah di Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (18/6).  bisnis/jbbi/A.Dadan Muhanda
Direktur RGE Anderson Tanoto (dari kanan), Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dan Mendag Enggartiasto Lukita saat membuka pasar murah di Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (18/6). bisnis/jbbi/A.Dadan Muhanda

Bisnis.com, PELALAWAN—Kementerian Perdagangan dan kelompok usaha Raja Garuda Emas (RGE) menggelar pasar murah di 16 titik di lima Kabupaten di Riau yang ditujukan bagi warga kurang mampu untuk meringankan beban dalam menghadapi Idulfitri tahun ini.

RGE merupakan grup bisnis milik Sukanto Tanoto yang membawahi beberapa perusahaan diantaranya PT RAPP, Asian Agri, dan Apical. Hadir dalam pasar murah itu juga Direktur RGE Anderson Tanoto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Rudi Fajar mengatakan ada 16 pasar murah yang tersebar di Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Sengigi, Kepulauan Meranti, dan Siak.

Paket pasar murah ini terdiri dari beberapa kebutuhan pokok yang dijual separuh harga dari harga pasar. Hasil penjualan kami sumbangkan seluruhnya untuk yayasan, panti asuhan atau pondok pesantren,” kata Rudi Fajar pada pembukaan pasar murah di Pelalawan, Riau Minggu (18/6). 

Rudi Fajar mengatakan kegiatan tersebut  merupakan  wujud  dari dukungan  perusahaan  terhadap program  pemerintah  dan  membantu  meringankan  beban  masyarakat  menjelang Lebaran.  “Kegiatan ini diharapkan menjadi  jembatan  antara  perusahaan dan masyarakat,” ujar dia.
 
Managing  Director  Asian  Agri  Kelvin Tio  mengatakan, pihaknya ingin membantu meringankan  beban  masyarakat  agar tetap bisa  memenuhi salah  satu kebutuhan  sembako tersebut  dengan harga terjangkau. "Kami ingin membantu meringankan beban  masyarakat  agar tetap bisa  memenuhi salah satu  kebutuhan sembako dengan harga terjangkau," tutur dia.
 
Kelvin menambahkan, pasar murah diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menekan lonjakan harga bahan pokok. Maka itu pihaknya sengaja melakukan pasar murah sebagai bagian programnya untuk membantu pemerintah dalam menekan harga minyak goreng di pasaran.  RGE Group telah menyiapkan 8.000 paket sembako yang akan didistribusikan ke sejumlah kabupaten di Riau 

Menteri Perdagangan  Enggartiasto Lukita mengapresiasi  pasar Murah  yang  diselenggarakan  oleh  RGE Group.  Enggartiasto  mengatakan, upaya menstabilkan  harga  pangan  membutuhkan  partisipasi semua pihak, termasuk  pelaku  usaha.

“Dengan harga barang kebutuhan pokok yang terjangkau, Ibu-Ibu dapat tersenyum dalam menyambut Lebaran 1438 H,” tuturnya  Enggartiasto yang turut hadir di di sela  pasar murah RGE Group  di Pelalawan, Riau.

Enggartiasto mengatakan pemerintah tahun ini sudah bekerja keras dalam mentsabilkan harga termasuk menindak tegas para spekulan. Peran swasta dalam pasar murah dibutuhkan untuk meringankan beban masyarakat sekitar perusahaan, bukan untuk menstabilkan harga.

“Kami mengetuk hati seluruh perusahaan untuk berbagi pada momen ramadan ini. Dalam keyakinan agama apapun, berbagi dengan sesama itu sesuatu yang diwajibkan. Pasar murah ini bukan diartikan untuk menurunkan harga. Pasar murah in untuk berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu,” jelasnya.

Gubernur  Riau  Arsyadjuliandi  Rachman  berharap,  kegiatan pasar murah dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Bahan pokok dengan harga murah dapat lebih banyak diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. “Semua pihak perlu peduli semangat berbagi Ramadhan agar masyarakat berkemampuan rendah dapat membeli kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau,” kata  Arsyadjuliandi.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper