Google Hentikan Analisa Konten Gmail

Muhammad Khadafi
Sabtu, 24 Juni 2017 | 19:11 WIB
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Alphabet Inc menyatakan akan menghentikan pemindaian konten Gmail untuk membuat personalisasi iklan mulai akhir tahun 2017. Sebelumnya perusahaan menganalisa konten surat elektronik pengguna Gmail untuk kepentingan iklan.

Praktik ini menurut Theverge.com, sudah dilakukan sejak pertama kali Gmail diluncurkan. Personalisasi konten pengguna Gmail akan memudahkan perusahaan menjual data kepada perusahaan yang membutuhkan pemasangan iklan dengan segmentasi target yang jelas.

Mengutip dari Reuters, kebijakan ini diambil dari unggahan blog Diane Greene, Kepala Komputasi Cloud Goodle. Diane bergagung dengan Google sejak 2015 dan bertanggung jawab atas pertumbuhan bisnis cloud Google.

Tidak disebutkan alasan penghentian analisa surat elektronik yang menggunakan jasa gratis Google. Sebelumnya hal ini memang sempat menuai kritik karena dianggap melanggar privasi pengguna.

Langkah ini tidak berarti pengguna layanan Google akan berhenti melihat iklan yang telah dipersonalisasi untuk penggunanya pada setiap produk Google. Google tetap akan menganalisa riwayat penelusuran, pencarian video di Youtube, dan aktivitas lain dengan Google Chrome.

Adapun saat ini Gmail digunakan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Maftuh Ihsan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper