Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKK Migas Gelar Pelatihan bagi KKS di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

SKK Migas dan Kontraktor Kerja Kerjasama wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) melakukan kegiatan Vendor’s Day Bersama East Java.
SKK Migas/Energitoday
SKK Migas/Energitoday

Bisnis.com, JAKARTA - SKK Migas dan Kontraktor Kerja Kerjasama wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) melakukan kegiatan Vendor’s Day Bersama East Java.

Kegiatan yang dilakukan rutin tiap tahun ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru untuk mitra kerja KKKS dalam kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa Hulu Migas terutama yang terkait dengan regulasi yang berlaku dan memberikan pelatihan untuk pemenuhan regulasinya serta memberikan apresiasi kepada mitra kerja lokal yang telah memberikan unjuk kerja terbaik.

Acara secara garis besar dibagi dalam 2 agenda, yaitu Forum sharing informasi regulasi dan apresiasi serta pelatihan peningkatan kemampuan mitra kerja.

Dalam kesempatan tahun ini di para mitra kerja diberikan pemaparan umum mengenai Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa PTK 007 Revisi 4 dan kebijakan TKDN yang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Kepabeanan Barang Operasi Perminyakan dan Pusat Logistik Berikat yang disampaikan langsung oleh perwakilan dari SKK Migas.

Mereka juga diberikan pelatihan pendaftaran CIVD, pengisian TKDN dan berpartisipasi dalam e-procurement yang disampaikan oleh Perwakilan dari KKKS Jabanusa.

Dibuka oleh Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Djoko Siswanto yang didampingi oleh Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Supply dan Analisis Biaya, Widi Santusa dan Kepala Divisi Pengelolaan Barang dan Jasa, Erwin Suryadi serta 8 pimpinan KKKS wilayah Jabanusa. Acara dihadiri oleh kurang lebih 250 perusahaan Lokal Jawa Timur yang menjadi Mitra Kerja dari 8 KKKS Jabanusa yakni JOB Pertamina-PetroChina East Java, Pertamina EP Cepu, PHE WMO, Petronas Carigali, Santos, Kangean Energi Indonesia, HCML, dan Lapindo Brantas.

Dalam sambutannya, Djoko Siswanto menyampaikan beberapa pesan untuk KKKS dan Mitra Kerja KKKS untuk dapat turut serta mendukung kegiatan Industri Hulu Migas yang dituangkan dalam komitmennya terhadap kontrak kerjasama.

SKK MIgas dan KKKS berkomitmen menggunakan produk barang jasa dalam negeri namun juga diharapkan kerja sama aktif dari Mitra Kerja untuk juga mendukung melalui upaya penciptaan produk dalam negeri yang berkualitas, kompetitif dalam harga dan kemampuan delivery sehingga memaksimalkan multiplier effect dari kegiatan hulu migas.

“Dunia Hulu Migas sedang dalam kondisi yang memiliki tantangan yang cukup berat, yakni harga minyak mentah dunia yang belum stabil, yang berakibat juga terhadap kegiatan operasi Hulu Migas, maka dari itu, untuk menyiasati tantangan tersebut, Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa dituntut untuk meningkatkan TKDN, merubah pola pemanfaatan barang atau jasa dari impor menjadi lokal," ujarnya, dikutip dari siaran pers pasa Sabtu (29/7/2017).

Salah satu contoh pengutamaan konten lokal adalah Project Masela yang merubah offshore menjadi onshore dalam rangka meningkatkan kemampuan lokal maluku.

Dalam sesi tanya jawab, Bayu Murbandono - Manager Pemberdayaan Kapasitas Nasional juga menekankan kembali program-program bersama SKK Migas dan KKKS untuk mendukung kewajiban penggunaan produk dalam negeri diantaranya dengan program asesmen bersama dan uji produk sehingga KKKS dan industri penunjang semakin yakin akan kemampuan produk dalam negeri penunjang operasi hulu migas.

Pola kegiatan Vendor’s Day Bersama yang serupa akan dikembangkan di wilayah operasi Hulu Migas lainnya, untuk mencapai dan mempertahankan efisiensi dan manfaatnya dalam Pengadaan Barang dan Jasa Industri Hulu Migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper