Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki & Gubernur Zumi Zola Bahas Infrastruktur Prioritas di Jambi

Kementerian PUPR mendukung infrastruktur prioritas di Jambi, seperti pembangunan jalan akses ke Pelabuhan Muara Sabak, Jembatan Batanghari III, Daerah Irigasi (DI) Batang Asai, DI Limung Singkut, infrastruktur permukiman dan penyediaan perumahan.
Petugas melintas saat melakukan persiapan pengoperasian dermaga Pelabuhan Kapal Roro (roll on roll off) Tungkal Hilir, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Senin (20/3)./Antara-Wahdi Septiawan
Petugas melintas saat melakukan persiapan pengoperasian dermaga Pelabuhan Kapal Roro (roll on roll off) Tungkal Hilir, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Senin (20/3)./Antara-Wahdi Septiawan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian PUPR mendukung infrastruktur prioritas di Jambi, seperti pembangunan jalan akses ke Pelabuhan Muara Sabak, Jembatan Batanghari III, Daerah Irigasi (DI) Batang Asai, DI Limung Singkut, infrastruktur permukiman dan penyediaan perumahan.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan, Kementerian PUPR mendukung pembangunan jalan nasional menuju Pelabuhan Muara Sabak sepanjang 60 Km. Anggaran yang dibutuhkan untuk akses ke Pelabuhan Muara Sabak total sebesar Rp576 miliar.

" Saat ini sudah mulai kita kerjakan, mudah-mudahan dalam 2 tahun dapat selesai. Selain itu untuk meningkatkan konektivitas juga mendukung pembangunan Jembatan Batanghari III yang saat ini dalam tahap pembuatan studi desainnya," kata Menteri Basuki usai pertemuan dengan Gubernu Jambi Zumi Zola, Jumat (11/08).

Jembatan Batanghari III di Kabupaten Muaro Jambi dengan panjang 1.024 meter dibangun untuk mengurangi beban Jembatan Batanghari I yang dianggap sudah tidak memadai daya tampungnya. Untuk pembangunan jembatan Batanghari III, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 351,19 miliar.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Zumi Zola juga meminta dukungan kelancaran konektivitas menuju Candi Muaro Jambi yang tengah dikembangkan sebagai destinasi pariwisata andalan melalui penyelenggaraan Festival Candi Muaro Jambi setiap tahunnya.

"Jalan yang ada sekarang sangat sempit, terbatas kapasitasnya, sehingga perlu ditingkatkan," ujar Gubernur Zumi Zola.

Sementara dalam mendukung ketahanan pangan, Kementerian PUPR saat ini tengah membangun DI Batang Asai yang sekarang dalam proses pembebasan lahan. DI Batang Asai di Kabupaten Sarolangun memiliki luas 5.850 hektare di mana akan dibangun Bendung dan Saluran Suplesi yang ditargetkan selesai pada 2019. Anggaran yang dibutuhkan Rp350 miliar melalui kontrak tahun jamak di mana pada 2017 dianggarkan Rp22,1 miliar.

Dalam penanganan banjir yang diakibatkan oleh meluapnya Sungai Batanghari, sejak tahun 2014 telah dilaksanakan pembangunan prasarana pengendalian banjir yang meliputi sistem Danau Teluk, Sungai Tembuku, Sungai Asam dan Danau Sipin yang berupa perbaikan alur sungai, pembangunan dan rehabilitasi pintu air dan stasiun pompa. Progresnya saat ini telah mencapai 84,64 persen dan ditargetkan selesai tahun 2017 dengan total anggaran mencapai Rp300 miliar.

Menteri Basuki mengatakan dengan keterbatasan anggaran yang ada jika dibandingkan dengan besarnya kebutuhan pendanaan, maka pembangunan infrastruktur di Jambi akan difokuskan pada infrastruktur prioritas yang memiliki kemanfaatan luas bagi masyarakat.

Gubernur Jambi Zummy Zola mengakui bahwa permintaan masyarakat Jambi akan ketersediaan infrastruktur sangat tinggi. “90 persen aspirasi masyarakat terkait infrastruktur. Oleh karena itu saya sangat senang Kementerian PUPR responsif dalam mendukung pembangunan infrastruktur priorita di Jambi seperti dukungan jalan untuk Pelabuhan Muara Sabak,” jelasnya.

Di bagian akhir Gubernur Zumi Zola menyampaikan harapannya agar kegiatan Pra-Konsultasi Regional atau Konsultasi Regional Kementerian PUPR dapat dilaksanakan di Jambi. "Kini Kota Jambi sudah siap menjadi tuan rumah," ujar Gubernur Zumi Zola.

Beberapa usulan juga disampaikan kepada Menteri Basuki terkait penyediaan perumahan kebutuhan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Jambi & Tebuk, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), penataan kawasan kumuh Kota Jambi, Tanjung Jabung Timur & Barat serta kebutuhan Rusun & Rusus untuk Nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper