Kompetisi Startup Grand Prix Digelar di 8 Kota

Agne Yasa
Selasa, 15 Agustus 2017 | 06:33 WIB
Startup/olpreneur.com
Startup/olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kompetisi Startup Grand Prix road to Liga Digital Indonesia kembali digelar dengan format kompetisi yaitu apps beauty contest (pirching) dan thematic Hackathon.

Rencananya kompetisi ini akan diselenggarakan di delapan wilayah yaitu Jabodetabek & Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sumatera Utara.

Kompetisi ini merupakan kerja sama dari Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DIGICOOP) dengan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo).

Para talent digital akan diberikan tantangan menyelesaikan masalah-masalah di berbagai sektor unggulan, sebagai contoh yang diadakan di wilayah Jabodetabek & Banten, peserta diberikan tantangan hackathon bertema Bandara Soekarno Hatta yang diberikan PT. Angkasa Pura 2 (Persero).

Dirjen APTIKA Kemkominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan penyelenggaraan Hackathon bertema Bandara ini sejalan dengan semangat Kerja Bersama untuk mendorong digitalisasi seluruh sektor unggulan, mengingat Transportasi adalah sektor prioritas dalam program Nawacita pemerintah.

Sementara itu, Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan startup Grand Prix merupakan event untuk mengajak para pemilik Apps untuk bergabung dalam Liga Digital Indonesia yang telah diselenggarakan APJII selama dua tahun terakhir.

“Sosialisasi Liga akan dilaksanakan di setiap wilayah penyelenggaraan Startup Grand Prix dengan dukungan para pengurus wilayah APJII," katanya melalui rilis kepada Bisnis, Senin (14/8/2017).

Ketua Umum MASTEL Kristiono berharap startup yang tengah merintis dapat terus memvalidasi produknya ke market dan melakukan monetisasi secara cepat.

“Startup Grand Prix dimaksudkan agar para Startup termotivasi untuk ngebut, seperti di balapan, disamping program ini juga beririsan dengan pilar local related content dalam Digital Inclusion yang dicanangkan MASTEL, APJII dan ATSI," katanya.

Jabodetabek dan Banten adalah wilayah yang pertama kali diselenggarakan Startup Grand Prix dengan menggaet PT Angkasa Pura 2 (Persero) sebagai partner.

Rangkaian acara wilayah Jabodetabek dan Banten telah dimulai sejak pendaftaran lada 22 Juni 2017 dan memasuki sesi penjurian pada Minggu (13/8/2017).

Total peserta yang mengikuti penjurian berjumlah 57 tim dimana setiap tim minimal beranggotakan 3 orang.

Project Director Startup Grand Prix Arki Rifazka mengatakan dengan antusiasme peserta di wilayah Jabodetabek dan Banten, pihaknya berharap akan mendapatkan tanggapan yang tidak kalah banyaknya di tujuh wilayah berikutnya.

“Kami sangat kagum dengan antusiasme di wilayah Jabodetabek dan Banten," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper