Coworking Indonesia Dorong Ekosistem Ekonomi Kreatif

Agne Yasa
Rabu, 16 Agustus 2017 | 21:16 WIB
Pengunjung melihat kerajinan cinderamata yang terbuat dari limbah kayu di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/6)./Antara
Pengunjung melihat kerajinan cinderamata yang terbuat dari limbah kayu di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/6)./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Coworking Indonesia, asosiasi coworking space, berupaya terus mendorong pembangunan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dengan mengajak para pelaku coworking secara aktif terlibat.

Dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif Tanah Air di mata pemerintah dan korporasi, Coworking Indonesia yang diperkenalkan sejak setahun lalu ini memiliki tujuan agar coworking space tidak dipandang hanya sebagai tempat bekerja.

Namun juga tempat untuk mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan melakukan inovasi yang bertujuan untuk mendorong pergerakan ekonomi di Indonesia.

Presiden Coworking Indonesia Faye Alund mengatakan dalam tahun pertama berdirinya perkumpulan Coworking Indonesia, bersama dengan 20 orang pengurus.

Fokus perkumpulan ini adalah memantapkan struktur organisasi dan memperkenalkan perkumpulan dan visi besar Coworking Indonesia.

Dia mengatakan hal ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui gerakan coworking ke para pelaku industri coworking, dan mitra-mitra strategis di jajaran pemerintah, korporasi, komunitas dan media.

"Memasuki tahun kedua, titik berat kegiatan dipayungi oleh kampanye #apaitucoworking untuk peningkatan kesadaran publik akan cara kerja coworking," kata Faye yang juga co-founder Kumpul coworking space, melalui rilis kepada Bisnis, Rabu (26/8/2017).

Dia menambahkan lewat berbagai kemitraan juga akan bertambah program-program yang bisa diakses oleh para coworking space anggota Perkumpulan Coworking Indonesia,” tutur Presiden Coworking Indonesia, Faye Alund, yang juga

Coworking space di Indonesia diprediksi akan terus bertumbuh setiap tahunnya. Pertumbuhan coworking space berlipat ganda setiap tahunnya, dan hingga saat ini tercatat ada hampir 150 titik yang tersebar di 30 kota di seluruh Indonesia.

Perkumpulan Coworking Indonesia genap berusia satu tahun pada 15 Agustus 2017. Coworking Indonesia diperkenalkan secara resmi pertama kali di Jakarta tahun lalu dengan pendiri dan pengurus, yang merupakan penggerak coworking space dari 8 kota di Indonesia.

Selama satu tahun perjalanan, Coworking Indonesia sudah melakukan berbagai program salah satunya Temu Coworking Indonesia yang digelar di Bandung pada Mei 2017 lalu. Kegiatan ini merupakan ajang berkumpul, berdiskusi dan berbagi pengetahuan para pemilik dan pengelola coworking space di Indonesia untuk lebih memahami industri, model bisnis yang tepat dan masa depan coworking space.

Setelah ini, Coworking Indonesia mengungkapkan akan lebih giat menggaungkan kampanye #apaitucoworking guna mengajak masyarakat untuk lebih kenal nilai-nilai yang ditawarkan oleh coworking space.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper