Alibaba Pimpin Investasi Rp14 Triliun di Tokopedia

Agne Yasa
Kamis, 17 Agustus 2017 | 21:57 WIB
Karyawati berjalan di kantor Tokopedia, di Jakarta./Bloomberg-Dimas
Karyawati berjalan di kantor Tokopedia, di Jakarta./Bloomberg-Dimas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia mengumumkan telah menyetujui babak investasi baru yang dipimpin oleh Alibaba Group bersama pemegang saham Tokopedia. 

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan Tokopedia memasuki babak investasi baru dengan menanamkan permodalan sebesae US$1,1 miliar atau setara dengan lebih dari Rp14 triliun. 

"Alibaba Group akan menjadi pemegang saham minoritas di Tokopedia, menjadi pemegang saham minoritas, di Tokopedia," ujarnya dalam acara Ulang Tahun ke-8 Tokopedia, di Jakarta, Kamis (17/8/2017). 

William mengatakan ini menjadi milestone penting bagi Tokopedia karena sebagai salah satu marketplace terbaik di dunia, Alibaba Group bisa menjadi role model dan guru dalam membangun marketplace skala global. 

"Kami yakin kerja sama ini mampu mengakselerasi misi kami dalam pemerataan ekonomi secara digital," katanya. 

William sekaligus memastikan bahwa rumor terkait akuisisi Tokopedia yang belakangan ramai diberitakan tidak benar.

"Banyak tawaran tapi di setiap kesempatan tersebutlah tidak pernah sedikitpun bahwa visi kami bukan menjual perusahaan semua rumor dan berita tersebut tidak benar. Misi perusahaan Tokopedia pemerataan ekonomi secara digital baru dimulai," katanya. 

Dia menjelaskan dana investasi baru ini akan digunakan dalam membangun pusat riset besar di Indonesia dan paling baik di Asia Tenggara, mendatangkan talenta terbaik dunia, termasuk memulangkan putra putri terbaik Indonesia ke Tanah Air. 

Dana ini akan dipakai mengakselerasi pertumbuhan dua juta merchant serta membangun jutaan lapangan pekerjaan baru di seluruh pelosok Indonesia. 

"Kami akan bekerja sama dengan seluruh mitra kami, perbankan, logistik, pemerintah daerah, pemerintah pusat untuk inovasi baru," katanya.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan Alibaba dan Tokopedia memiliki kesamaan misi dalam mendorong perkembangan usaha kecil dan menengah.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama bersama Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia," jelas Zhang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper