Produsen Jam Tangan Ini Bikin Printer 2,5 Dimensi, Seperti Apa Sih?

Abdul Rahman
Minggu, 15 Oktober 2017 | 02:35 WIB
Casio
Casio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Casio selama ini lebih dikenal sebagai produsen jam tangan atau kamera. Tapi baru-baru ini mereka membuat printer dan teknologi cetak baru bernama Mofrel.

Kehebatan printer buatan Casio adalah mampu menghasilkan cetakan warna 2.5 dimensi (2.5D) yang bisa meniru semua jenis permukaan bahan, mulai dari kulit, tikar hingga batu bata.

Teknologi ini untuk sementara cukup membantu perancang konsep membuat prototipe industri lebih cepat. Namun, kedepannya printer ini bisa digunakan untuk langsung memproduksi produk tertentu.

Dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (14/10/2017), hasil yang tercetak memang benar-benar meyakinkan, baik dari segi tekstur maupun visual. Meskipun saat disentuh terasa seperti plastik (karena memang terbuat dari bahan tersebut).

Cara kerja printer ini sebagai berikut: Pertama,semua data relief dicetak pada film tipis dan transparan. Bagian hitam mewakili relief tinggi, dan area yang jelas akan tetap datar.

Film kemudian akan diletakkan di atas lembaran plastik yang tebalnya sekitar 1 mm. Arus listrik akan memanaskan area gelap film dan membuat plastik di bawahnya meleleh.

Saat ini, printer Mofrel berharga sekitar US$ 40.000 dan ditujukan untuk para profesional desain. Casio mengklaim beberapa produsen mobil sudah menggunakannya untuk membuat prototipe mobil.

Pada masa yang akan datang Casio berharap bisa memproduksi massal agar harganya bisa terjangkau. Contohnya mencetak ubin lantai dari plastik, jika biayanya cukup rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper