Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jonan Resmikan Lima Sumur Bor di Sulawesi Utara

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meresmikan lima sumur bor air tanah bagi empat Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara.
Menteri ESDM Ignasius Jonan (tengah)/Antara
Menteri ESDM Ignasius Jonan (tengah)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meresmikan lima sumur bor air tanah bagi empat Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Peresmian kelima sumur bor air tanah tersebut dipusatkan di Desa Warisa Kampung Baru, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara.

Sebanyak 2 buah sumur bor di Desa Warisa, Minahasa Utara telah dibangun dan siap dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sumur bor tesebut telah dilengkapi pompa selam.

Selain itu juga disediakan mesin generator dengan kapasitas 10 kVA beserta rumah genset untuk menghidupkan pompa air.

Warga juga mendapatkan bak penampung air dengan kapasitas 5.000 liter yang langsung dilengkapi dengan kran airnya.

Menteri Jonan menyatakan bahwa air bersih yang berasal sumur bor air tanah Desa Warisa dapat menghasilkan hingga 60.000 liter air bersih dalam sehari.

“Per 1 detik hasilnya 2 liter jadi kalau 1 menit hasilnya 120 liter, dan satu jam dapat menghasilkan 7200 liter. satu hari bisa beroperasi 8 jam. Maka hasilnya hampir 60.000 liter sehari,” jelas Jonan, melalui keterangan persnya, Minggu (22/10/2017).

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Jonan selalu menekankan pentingnya penggunaan APBN yang manfaatnya harus dirasakan langsung oleh masyarakat, salah satunya adalah sumur bor air tanah.

Badan Geologi, Kementerian ESDM telah melaksanakan pelayanan kegeologian kepada masyarakat berupa pemboran air tanah dalam secara nasional di daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air.

Sejak tahun 2005 hingga tahun 2017, Badan Geologi Kementerian ESDM telah melaksanakan pembangunan sumur bor air tanah di seluruh wilayah Indonesia sebanyak 1.795 sumur bor serta potensi cakupan layanan kumulatif hingga mencapai sekitar 5,2 juta jiwa.

Khusus Provinsi Sulawesi Utara, sejak tahun 2007 hingga 2017, Badan Geologi Kementerian ESDM telah melaksanakan pembangunan 28 buah sumur bor air tanah, termasuk 5 unit di tahun 2016 dan 4 unit di tahun 2017.

Kegiatan tersebut dilakukan pada daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air, dengan potensi cakupan layanan kumulatif hingga mencapai sekitar 81 ribu jiwa.

Pembangunan sumur bor air tanah merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian ESDM melalui Badan Geologi Kementerian ESDM guna membantu masyarakat memperoleh air bersih bagi daerah yang memang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kalau ada daerah yang sulit sekali (air bersih) ya kita pasang (sumur bor). Terutama yang daerah pinggiran, perbatasan dan sebagainya, kita bangun,” tutur Jonan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper