Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMI Resmikan Dua Fasilitas Dok Kapal di Serang

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan dua fasilitas dok kapal alias graving dock milik PT Samudra Marine Indonesia (SMI) di Serang, Banten.
Ilustradi/JIBI-Wahyu Darmawan
Ilustradi/JIBI-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, SERANG - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan dua fasilitas dok kapal alias graving dock milik PT Samudra Marine Indonesia (SMI) di Serang, Banten.

"Penambahan fasilitas yang baru ini akan meningkatkan kemampuan produksi untuk mendukung seluruh kegiatan yang berkaitan proses pembangunan kapal baru maupun reparasi dapat berjalan cepat," kata Airlangga di Serang, Minggu.

Sehingga, lanjut Airlangga, mampu memenuhi kebutuhan armada kapal yang berkualitas untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dua fasilitas dok kapal milik SMI itu salah satu fasilitas dok kapal terbesar yang ada di Indonesia, dengan ukuran 280 meter x 45 meter dan 320 meter x 55 meter.

Dengan tambahan dua fasilitas itu, PT SMI memiliki total empat dok kapal yang mampu memproduksi kapal maupun mereparasi sekitar 300 unit kapal per tahun, naik dari sebelumnya di bawah 200 unit per tahun ketika hanya memiliki dua dok kapal.

Menurut Airlangga, industri perkapalan nasional sebagai salah satu industri strategis juga telah mencapai beberapa kemajuan, di antaranya peningkatan jumlah galangan kapal menjadi sekitar 250 perusahaan.

Sementara kapasitas produksinya mencapai 1 juta DWT per tahun untuk bangunan baru dan 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

"Ke depan, diharapkan kapasitas produksi untuk bangunan baru maupun reparasi kapal dapat terus ditingkatkan," kata Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper