Perkuat GrabPay, Grab Akuisisi Perusahaan Fintech India

N. Nuriman Jayabuana
Rabu, 17 Januari 2018 | 21:53 WIB
Logo Grab Taxi/Reuters-Edgar Su
Logo Grab Taxi/Reuters-Edgar Su
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Grab mengakuisisi iKaaz, dengan nilai transaksi yang dirahasiakan. Akuisisi ini adalah salah satu strategi Grab memperkuat pelayanan pembayaran GrabPay.

Managing Director GrabPay Southeast Asia Jason Thompson menargetkan perusahaannya menjadi platform pembayaran universal terbesar di Asia Tenggara.

Grab mengakuisisi iKaaz karena perusahaan tersebut dinilai sukses mengembangkan berbagai inovasi layanan pembayaran, yaitu meliputi teknologi NFC, QR-code, pembayaran melalui suara, pembayaran tagihan, pembayaran transaksi daring, dan P2P.

Teknologi pembayaran iKaaz sudah dipegunakan untuk melayani transaksi berbagai kegiatan perdagangan dan industri.  Kecanggihan teknologi itu dinilai dapat mengakselerasi pengembangan fitur dan integrasi pembayaran GrabPay.

“Fitur pembayaran offline yang mutakhir ini menawarkan fleksibilitas untuk menyesuaikan platform GrabPay ke setiap negara di Asia Tenggara.Keahlian tim iKaaz dapat membangun GrabPay menjadi platform pembayaran universal Asia Tenggara,” ujarnya, Rabu (17/1).

Grab merupakan perusahaan layanan on demand yang bermarkas di Singapura. Jangkauan layanan perusahaan itu telah mencapai delapan negara di Asean.

Salah satu pusat penelitian dan pengembangan Grab terpusat di Bengaluru, India. Usai akuisisi ini, tim iKaaz bakal berkolaborasi bersama perusahaan rintisan bidang pembayaran lain yang sudah tergabung dalam pusat penelitian Grab di India, yakni Nokia Money and Obopay.

“Kami bekerja dengan gigih untuk membawa lebih banyak masyarakat ke dalam ekosistem ekonomi non-tunai. Melalui kemitraan dengan Grab, kami berkesempatan melihat bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas kehidupan lebih dari 620 juta orang di Asia Tenggara,” ujar pendiri iKaaz, Soma Sundaram,.

Grab mengklaim mencatatkan lebih dari 3,5 juta transaksi per hari, dengan akumulasi volume transaksi melebihi satu miliar pembayaran setiap tahun. Pusat penelitian dan pengembangan di India terdiri atas sebanyak 75 ahli. Grab berencana mempekerjakan 200 engineer pada tahun ini.

Baca Juga Printer 3D Turbo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper