Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pulau Baai Bakal Segera jadi KEK

Rencana Pemerintah Bengkulu untuk menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) semakin mantap, menyusul telah didaftarkannya pembentukan KEK ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Jumat (19/1/2018).

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana Pemerintah Bengkulu untuk menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) semakin mantap, menyusul telah didaftarkannya pembentukan KEK ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Jumat (19/1/2018).

Dihadapan Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto, Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama Mardi Santoso dan Kepala Bagian Hukum dan Umum Paulus Ryanto, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan didampingi GM PT. Pelindo II (persero) Cabang Bengkulu Drajat Sulistyo, menyakinkan kepada Dewan KEK bahwa Pelabuhan Pulau Baai dapat menjadi penggerak perekonomian koridor barat dan mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu, dalam pertemuan yang juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Budi Jatmiko, Kepala BPPT Noni Yulesti, Kepala Dinas BPMTS Hendri Purwantrisno dan Karo Pembangunan Taufik Adun, itu mengungkapkan, bahwa pengembangan kawasan ekonomi khusus di Bengkulu bukan hanya berimplikasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Tapi juga akan menjadi titik strategis bagi perekonomian Indonesia koridor Barat.

Plt Gubernur Bengkulu, bersama GM Pelindo II cabang Bengkulu, telah secara simultan melakukan kajian terhadap program strategis yang akan segera dimulai dari kawasan Pelabuhan Pulau Baai.

"Kawasan ekonomi khusus ini akan menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian regional, melalui pengembangan Pelabuhan Pulau Baai," kata Rohidin Mersyah dalam siaran persnya.

Rencana pengembangan Pelabuhan Pulau Baai sebagai penggerak perekonomian Indonesia koridor barat, sebagai kawasan industri telah mulai. Dengan melakukan peresmian pembangunan Terminal Curah Cair untuk CPO, dimana komoditas ini menjadi salah satu unggulan di Bengkulu.

Selain pembangunan Terminal Curah cair untk CPO, akan dibangun juga Terminal Curah Kering dan lahan Karantina Hewan di kawan tersebut.

Sebagai perusahaan yang memegang peranan penting dalam industri kepelabuhanan, PT Pelindo II (Persero) Cabang Bengkulu sangat fokus dan siap untuk menjadi salah satu pihak utama dalam kemajuan dan perkembangan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

Ditambah lagi, berbagai pengalama menunjukkan bahwa industri Kepelabuhanan memegang peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan dari suatu daerah.

"Melalui pengembangan yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Bengkulu dengan menjadikan Pelabuhan pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus diharapkan mampu mendukung kemajuan di Provinsi Bengkulu," tegas Drajat Sulistyo dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Dengan demikian, situasi ini akan mendukung kemajuan serta peningkatan perekonomian di Provinsi Bengkulu. Terminal curah cair, Terminal curah kering dan Karantina heqan merupakan satu langkah penting bagi tumbuhnya trend positif roda perekonomian di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper