Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Ekspor Industri Pengolahan Ikan Surplus Dibandingkan Impor. Ini Datanya

Industri pengolahan ikan di Tanah Air terus mencatatkan kinerja positif dengan membukukan volume ekspor lebih besar dibandingkan impor.
Pabrik pengolahan ikan/Antara
Pabrik pengolahan ikan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Industri pengolahan ikan di Tanah Air terus mencatatkan kinerja positif dengan membukukan volume ekspor lebih besar dibandingkan impor.

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan hasil tersebut tidak lepas dari upaya semua pihak terkait guna mendorong pertumbuhan salah satu industri kemaritiman nasional tersebut.

“Surplus ekspor yang terjadi pada industri pengolahan ikan bagus untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Panggah mencontohkan, Indonesia mengimpor ikan salmon yang didatangkan dari wilayah Amerika kemudian diolah kembali oleh industri di dalam negeri untuk dijadikan produk ikan asap yang lebih bernilai tambah.

“Ikan asap itu, kayu untuk membakarnya saja kita impor, lalu dijual lagi ke Jepang dengan nilai yang cukup tinggi. Yang seperti itu boleh,” tuturnya.

Dikutip dari data Kementerian Perindustrian, hingga Agustus 2017, ekspor industri pengolahan ikan nasional mencapai 306.000 ton.

Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan impor yang sebesar 173.000 ton. Adapun, nilai ekspor industri pengolahan ikan per Agustus 2017 sekitar US$1,1 juta.

Kemudian, pada sepanjang 2016, Kemenperin juga mencatat ekspor industri pengolahan ikan Indonesia sebesar 482.000 ton atau senilai US$1,8 juta. Sementara impor ikan olahan pada 2016 sebesar 182.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andry Winanto
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper