Apple Music Bakal Lebih 'Berisik' dari Spotify

Newswire
Kamis, 19 April 2018 | 10:49 WIB
Apple music/phonearena
Apple music/phonearena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Analis memperkirakan Apple Music dapat tumbuh 40% setiap tahunnya, dan diprediksi terus berkembang secara signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Layanan streaming milik Apple tersebut diperkirakan akan mengambil alih posisi Spotify di Amerika Serikat pada musim panas ini untuk menjadi layanan nomor satu. Apple Music juga tercatat telah memiliki 40 juta pelanggan.

Baru-baru ini, Apple Music telah berkembang dengan memiliki sekitar 2 juta pelanggan per bulan, dan tampaknya pola pertumbuhan yang sama diperkirakan akan terus berlanjut selama tiga tahun ke depan, dengan angka tahunan sekitar 40%. Hal ini akan memicu persaingan yang ketat di tingkat nasional (AS) dan internasional untuk Spotify, yang baru-baru ini menjadi perusahaan publik.

Apple Music saat ini beroperasi pada margin laba sekitar 15%, angka ini diharapkan tetap stabil selama beberapa tahun ke depan. Sementara itu, Spotify unggul dengan menghasilkan margin 24%, meskipun jumlah ini bisa saja menurun di masa depan.

Meski begitu, tidak semua pertumbuhan Apple Music diharapkan berasal dari musik. Terlepas dari namanya, Apple siap untuk meningkatkan investasi secara signifikan ke konten video, dengan anggaran mencapai US$1 miliar pada 2022, setara dengan peningkatan tahunan sebesar 54%.

Saat ini, Apple Music adalah salah satu kontributor terbesar untuk pendapatan layanan Apple, di samping App Store. Bahkan, bersama-sama, kedua layanan itu membantu kategori tersebut menghasilkan 8,5 miliar dolar AS dalam pendapatan selama periode keuangan kuartal I 2018 Apple, yang juga meningkat sebesar 13% tahun ke tahun.

Selain itu, dengan penjualan iPhone yang diperkirakan akan terus menurun dalam waktu dekat, kategori layanan Apple dinilai penting untuk terus tumbuh, demikian dilansir dari Phone Arena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper