Jadi Distributor Aqua Lewat Tokopedia

N. Nuriman Jayabuana
Kamis, 19 April 2018 | 17:31 WIB
Logo Danone Aqua/Wikimedia
Logo Danone Aqua/Wikimedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia bekerja sama dengan Aqua untuk mendistribusikan produknya secara daring.

Kerja sama itu sekaligus bertujuan untuk mengembangkan usaha mikro dengan memberdayakan ibu rumah tangga di Indonesia berperan sebagai distributor.

Pembelian produk Danone-Aqua dapat langsung dilakukan dengan melakukan pemesanan baik melalui aplikasi maupun situs web Tokopedia.

Pemesanan produk itu langsung didistribusikan oleh AQUA Home Service (AHS) terdekat sesuai lokasi pemesan.

Danone-AQUA dan Tokopedia turut membuka kesempatan bagi berbagai ibu rumah tangga bergabung menjadi menjadi AHS. Pendaftaran dapat langsung dilakukan melalui call center AQUA Menyapa pada nomor layanan 08001588888.

Program program AHS sebenarnya sudah berlangsung sejak 2008 silam untuk mendekatkan produk air minum kemasan itu dengan konsumen. Program itu turut memungkinkan ibu rumah tangga tersebut menjalankan bisnis tanpa harus meninggalkan rumah dan keluarganya. Program itu sudah terhubung dengan sebanyak 7.000 anggota AHS yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Chief Operations Officer Tokopedia Melissa Siska Juminto menyatakan program itu sejalan dengan visi perusahaan untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. “Melalui kemitraan dengan Danone-AQUA, Tokopedia berharap lebih banyak lagi perempuan-perempuan Indonesia yang berani memulai dan mengembangkan usaha sendiri. Ibu-ibu rumah tangga tersebut akan dapat mengontrol usahanya secara online dengan tetap menjalankan perannya sebagai Ibu di rumah,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (19/4).

Menurutnya, Tokopedia selalu memprioritaskan pengembangan kesempatan bagi tumbuhnya UMKM dengan. Sebanyak 70% pedagang yang memanfaatkan Tokopedia, ujarnya, merupakan pengusaha yang baru merintis bisnisnya.

“Termasuk ibu rumah tangga yang biasanya memulai bisnisnya di rumah. Agar usaha mereka dapat terus maju dan berkontribusi lebih signifikan terhadap kesejahteraan keluarga dan perekonomian Indonesia, kita perlu meningkatkan iklim usaha bagi perempuan, baik dari sisi online maupun offline,” ujarnya.

Vice President Sales Strategy and Planning Danone-AQUA, Bruce Zeng, mengatakan bahwa kerja sama dengan Tokopedia ini tidak hanya melahirkan bisnis pemasaran produk melalui aplikasi online, tetapi sekaligus sebagai perwujudan misi dari kedua belah pihak.

“Kami sangat senang bahwa Tokopedia memiliki misi yang sama tidak hanya dari sisi bisnis, tetapi untuk pengembangan masyarakat melalui peningkatan UMKM dan pemberdayaan perempuan. Kerja sama ini sekaligus dapat membantu ibu-ibu yang tergabung dalam AHS agar mereka bisa menambah konsumen sehingga bisnis mereka dapat berkembang dengan baik, “ ujar Bruce.

Sejak dijalankannya program kolaborasi ini, kurang lebih 400 anggota AHS di Jakarta sudah terkoneksi dengan Tokopedia. Danone-AQUA dan Tokopedia menargetkan angka tersebut akan terus meningkat hingga 3.000 anggota AHS dan cakupan area yang lebih luas meliputi Jabodetabek di akhir tahun 2018 ini.  Pemesanan produk Danone-AQUA dapat dibeli melalui AQUA Official Store, baik lewat aplikasi maupun situs web Tokopedia.

Data International Finance Corporation pada Maret 2016 menyebutkan, 51% dari Usaha Kecil dan 34% dari Usaha Menengah dimiliki oleh perempuan. Secara total, UKM yang dimiliki perempuan menyumbang 9,1% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Namun, pengusaha perempuan masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya, seperti kurang percaya akan diri sendiri, kesulitan menemukan pelanggan, kurangnya akses ke informasi dan edukasi, serta keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper