Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Indonesia Dukung Perkembangan Badan Usaha Milik Desa

PT Pupuk Indonesia (Persero) membantu meningkatkan kesejahteraan petani melalui pembinaan PT Mitra Desa Bersama Tempuran (PT Mitra Sasaran).
PT Pupuk Indonesia/Antara-Rosa Panggabean
PT Pupuk Indonesia/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, KARAWANG—PT Pupuk Indonesia (Persero) membantu meningkatkan kesejahteraan petani melalui pembinaan PT Mitra Desa Bersama Tempuran (PT Mitra Sasaran).

Salah satu sasaran pengembangan bisnis dari mitra BUMDes ini adalah penyerapan gabah petani dengan menjalin kerja sama dengan anak usaha Pupuk Indonesia, yaitu PT Pupuk Indonesia Pangan dan PT Pupuk Kujang dalam penyaluran distribusi pupuk.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat mengatakan pihaknya mendorong perkembangan BUMDes sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan yang mandiri. 

Pengembangan bisnis mitra BUMDes ini salah satunya melalui penyerapan gabah petani dengan menjalin kerja sama dengan Pupuk Indonesia Pangan. Hasil gabah petani dibeli oleh Mitra Desa Bersama Tempuran, setelah itu diproses menjadi beras di mesin pengolahan gabah atau rice mill milik Pupuk Indonesia Pangan.

"Harga juga lebih bagus bagi petani itu sendiri sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani," ujarnya 

Aas juga mengatakan Pupuk Indonesia selaku BUMN dituntut dapat berperan dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan mendorong peningkatan produktivitas pangan dan kesejahteraan petani kecil dan turut memajukan daerah.

Pupuk Indonesia memiliki tugas membina Mitra Desa Bersama Tempuran di Kabupaten Karawang yang memiliki anggota sebanyak 126 kelompok tani dan 5.903 petani dengan luas lahan pertanian 6.679 hektare dan produktivitas gabah sebesar 8 ton.

"Mitra Desa Bersama Tempuran menjadi lembaga usaha yang dimiliki seluruh petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Tani di Kecamatan Tempuran, sehingga pengelolaan pertanian petani menjadi satu pintu," kata Aas.

Mitra Desa Bersama Tempuran telah membuka kios pupuk dan saprotan di Kecamatan Rawamerta dan Kecamatan Tempuran untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper