MUDIK LEBARAN 2018: Pantau Arus Mudik Lewat Aplikasi ONTrip

Regi Yanuar Widhia Dinnata
Rabu, 13 Juni 2018 | 07:23 WIB
Calon penumpang berjalan menuju ruang tunggu Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/6/2018)./JIBI-Rachman
Calon penumpang berjalan menuju ruang tunggu Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/6/2018)./JIBI-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- ONTrip akan ikut berpartisipasi untuk menyukseskan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

Seperti diketahui, mudik merupakan rutinitas yang sudah menjadi budaya bagi sebagian masyarakat Indonesia. ONTrip Tahun ini kembali berpartisipasi dalam membantu masyarakat memperoleh informasi seputar mudik mulai dari peta jalur mudik, titik-titik kemacetan, informasi rest area, posko kesehatan serta berbagai tips penting agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

“Dengan ONTripMudik, kami berharap segala keperluan informasi seputar mudik bisa didapatkan oleh para pemudik sehingga bisa membantu persiapan mudik. Ini merupakan bentuk support kami kepada para pemudik di samping beberapa kerjasama kami dengan beberapa komunitas mudik,” ujar Winda Ayuputri Apsari, CEO ONTrip dalam keterangan pers, Selasa (12/7/2018).

Kementerian Perhubungan mencatat, jumlah pemudik mengalami pelonjakan sebesar 10%-12% pada 2018 atau setara dengan 22juta-25 juta orang. Hal ini mendapatkan perhatian serius sebab tingginya arus mudik berpotensi menyebabkan meningkatnya angka kecelakaan akibat kondisi fisik pengemudi yang menurun, dan kurangnya kesadaran untuk tertib berlalu lintas.

Menurutnya, pada tahun lalu angka kecelakaan arus mudik sebanyak 1.299 kejadian. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni sebanyak 1.515 kejadian. Kendati terjadi penurunan, ONTrip berupaya agar penurunan angka kecelakaan tersebut terulang lagi pada tahun ini.

“Kemacetan pada arus mudik tentunya tidak dapat dihindari lagi. Jarak tempuh yang jauh dan kondisi fisik yang menurun akibat terjebak macet menjadi alasan seringnya terjadi kecelakaan. Maka kami selalu berupaya memberikan akses kemudahan bagi ONTripers [sebutan pengguna ONTrip] dalam mendapatkan info atau peringatan seputar rute yang aman, rute yang rawan serta posko-posko peristirahatan, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dia menjelaksan bahwa ONTrip ini tidak hanya berpusat untuk wilayah Pulau Jawa, ka tetapi meliuti Pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Informasi ini dapat dilihat dalam bentuk digital berupa infografik dan video yang dibagikan di sosial media, messanger group, youtube channel, website serta platform online lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper