Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Pastikan Pasokan Listrik dan BBM Aman Hingga H+13

Memasuki H+3 Idul Fitri 1439 H, Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ketersediaan pasokan listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan liquefied petroleum gas (LPG) dalam kondisi aman untuk mengantisipasi liburan Lebaran dan arus balik hingga H+13 Idul Fitri nanti.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Memasuki H+3 Idul Fitri 1439 H, Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ketersediaan pasokan listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan liquefied petroleum gas (LPG) dalam kondisi aman untuk mengantisipasi liburan Lebaran dan arus balik hingga H+13 Idul Fitri nanti.

Dilaporkan posko ESDM, Senin (18/6/2018), kondisi ketahanan BBM dalam kondisi normal untuk seluruh jenis BBM, dengan rincian sebagai berikut: Premium (21 hari), Solar/Akrasol (20 hari), Pertalite (21 hari), Kerosene (47 hari), Pertamax/Akra 92 (20 hari), Pertamax Turbo (42 hari), Pertamina Dex (37 hari), Dexlite (19 hari), dan Avtur (29 hari). Begitu pula kondisi stok LPG dalam kondisi normal, dengan ketahanan 17 hari. Bahan bakar gas (BBG) dan jaringan gas (jargas) juga dalam kondisi aman.

"Sebanyak 571 stasiun pengisian bahan bakar umum (SBPU) di Jamali (Jawa, Madura, Bali) juga telah menyalurkan premium kembali, pastikan arus balik ini stok BBM lancar," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan resminya, Senin (18/6/2018).

Sedangkan untuk subsektor ketenagalistrikan, beban puncak malam hari 16 Juni 2018 sebagian besar dilaporkan dalam kondisi normal. Secara keseluruhan daya mampu pasok nasional sebesar 29.845,38 megawatt (MW) dan beban puncak sebesar 24.870,55 MW sehingga kapasitas cadangan daya nasional sebesar 4.548,07 MW.

Untuk kebencanaan geologi, dilaporkan terdapat 1 gunung api yang sedang beraktivitas cukup tinggi, yaitu Gunung Sinabung level IV (AWAS), Gunung Agung level III (SIAGA), dan 19 gunung dalam level II (WASPADA). Khusus untuk Gunung Merapi pada Radius 3 km dari puncak diimbau agar dikosongkan dari aktivitas penduduk.

Selain itu, dilaporkan pada 17 Juni 2018 pukul 21.52 WIB telah terjadi gempa bumi yang berada pada koordinat 109,96 BT dan 8,75 LS dengan kekuatan magnitudo 4,2 SR pada kedalaman 25 km berjarak 103 km baratdaya Bantul, Yogyakarta

Diperkirakan gempa bumi ini disebabkan aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan atau penunjaman Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang serta waspada terhadap gempa susulan dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Masyarakat diminta untuk tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Sebagai informasi, di samping membentuk Posko Nasional, untuk mempermudah pengawasan dan pengaduan dari masyarakat pada periode Idulfitri 2018 di bidang energi, Kementerian ESDM telah menyediakan layanan call center 1-500-335 yang akan melayani informasi dan pengaduan masyarakat terkait penyediaan energi di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper