Google Gandeng Platform Game & Content Creator Unity

Dhiany Nadya Utami
Jumat, 22 Juni 2018 | 01:14 WIB
Google/Reuters-Aly Song
Google/Reuters-Aly Song
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google mengumumkan kerja sama strategis dengan Unity, sebuah platform kreasi konten dan gim 3D real-time, untuk menyederhanakan proses game development di platform tersebut.

Presiden Partners and Industry Platforms Google Cloud Tariq Shaukat mengatakan Google dan Unity bekerja sama untuk membangun serangkaian layanan terpadu dan alat-alat untuk membuat gim yang saling terhubung.

“Untuk yang pertama kami akan fokus pada pengalaman gim multipemain yang realtime,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Google pada Kamis (21/6/2018).

Shauqat menjelaskan Google Cloud akan berperan sebagai penyedia layanan komputasi awan bagi para pengembang yang membuat gim yang saling berhubungan dengan Unity sehingga lebih mudah dalam membangun dan meningkatkan gim mereka.

Para pengembang ini, tambah Shauqat, nantinya dapat merasakan manfaat Google Cloud langsung dari ekosistem yang dibangun Unity tanpa perlu menjadi ahli komputasi awan.

“Beragam manfaat seperti kuatnya jaringan global kami sehingga mereka dapat membuat gim dengan latensi konektivitas pemain yang rendah, bisa meningkatkan server gim dengan cepat, hingga kapasitas memori multi-terabyte,” jelasnya.

Selain itu, Google dan Unity juga mengerjakan proyek bersama untuk membuat open source yang dapat menghubungkan para pemain dalam gim multiplayer.

Menurut Shauqat, proyek tersebut sebagai wujud nyata filosofi mereka terkait dunia gim yakni membuat solusi open source berbasis komunitas dan kerja sama dengan perusahaan gim terkemuka di dunia. “Proyek ini rencananya dirilis untuk publik pada musim panas mendatang.”

Di lain sisi, Unity akan menjalankan platform bisnisnya di komputasi awan yang sama dengan yang digunakan para pengembang gim mereka.

Bersamaan dengan kerja sama ini, Unity mengumumkan mereka telah memindahkan semua infrastruktur inti yang menyokong layanannya ke Google Cloud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper