Paket Internet Unlimited Smartfren Pacu Trafik 19% per Bulan

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:15 WIB
Smartfren 4G/Ilustrasi
Smartfren 4G/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, Jogja — Paket data Unlimited yang ditawarkan Smartfren sejak Mei 2018 berkontribusi mendongkrak trafik data sebesar 19% per bulan. 

Vice President Technology Relations and Special Project PT Smartfren Telecom, Tbk, Munir Syahda Prabowo mengatakan naiknya trafik data sejalan dengan Paket Unlimited yang ditawarkan. Artinya, dia menyebut konsumen bisa merespons penawaran dengan baik karena didukung peranti ponsel yang kompatibel dengan jaringan. 

Seperti diketahui, Smartfren sejak awal kerap kali muncul dengan paket Unlimited sebagai strategi akuisisi pelanggan. 

Strategi untuk melempar paket Unlimited sudah dimulai sejak Smartfren mulai meninggalkan CDMA dan menggarap jaringan 4G-nya di 2015. Adapun, hampir setiap tahun, Smartfren memperbarui paket Unlimited sampai dengan paket terbarunya yang diluncurkan pada Mei dengan batas konsumsi per hari atau fair usage policy (FUP) 1 GB.

"Naik 19% tiap bulan. Unlimited di-launching ternyata ada signifikan naik [trafik data] di kami," ujarnya dalam Media Update di Jogja, Selasa (14/8/2018) malam. 

Saat ini, dia menyebut terus meningkatkan pelayanan konsumen melalui pembangunan jaringan. Rencananya, 5.000 base transceiver station (BTS) baru akan beroperasi di tahun ini. Selain itu, pihaknya pun telah menambah fitur-fitur baru untuk memperkuat jaringan 4G-nya. 

Sebagai contoh, massive carrier aggregation (CA), multi input multi output (MIMO) antenna, quadratur amplitude modulations (QAM) dan Beam Forming 8T8R. Fitur-fitur ini, tuturnya, mampu meningkatkan kestabilan dan kecepatan internet. 

Ketika dicoba dengan ponsel yang memiliki teknologi CAT 9 atau Category 9, tutur Munir, kecepatan internet Smartfren di kantornya bisa menyentuh 198 Mbps karena bantuan performa fixed broadband yang juga mumpuni. Kendati sebenarnya, dengan dukungan teknologi ini pengguna bisa menikmati kecepatan unduh hingga 450 Mbps dan unggah 55 Mbps. 

"Kecepatan konektivitas hingga 198 Mbps tentunya menggunakan perangkat pelanggan dengan teknologi CAT 9," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper