Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games Permudah Tugas Pengusaha Capai Target 17 Juta Kunjungan Wisman

Pelaku usaha optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.
Hasil Sepak Bola Asian Games 2018/Asian Games 2018
Hasil Sepak Bola Asian Games 2018/Asian Games 2018

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku usaha optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Ketua Umum Association of The Indonesian Tours and  Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar mengatakan, hingga Juni, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 7,9 juta wisatawan. 

"Ajang Asian Games ini akan ada menambah 500.000 wisman yang hadir untuk menonton pertandingan baik di Jakarta, Jawa Barat, maupun Palembang dan sekaligus berwisata ke Indonesia," ujarnya, Rabu (15/8)/2018. 

Menurutnya,  untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini, dibutuhkan tambahan sejumlah 9,7 juta wisman sepanjang Juli—Desember 2018. Adapun, rerata kunjungan per bulan ditaksir mencapai 1,5 juta wisman (tanpa memperhitungkan adanya pergelaran internasional).

"Nanti ketika Asian Games aka nada tambahan 500.000 kunjungan wisman. Belum lagi kunjungan wisman dari rapat tahunan IMF/World Bank. Sehingga, nantinya kami yakin bisa capai target kunjungan wisman atau paling tidak memperkecil defisit hingga akhir tahun."

Saat ini, para anggota Asita telah mempersiapkan sejumlah paket destinasi wisata untuk menggaet para wisman yang hadir menonton perhelatan Asian Games. Salah satu fokusnya adalah promosi wisata untuk menjadikan Palembang sebagai destinasi sports tourism.

Terpisah, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedi juga optimistis perhelatan Asian Games akan menyumbang 300.000—500.000 kunjungan wisman Indonesia. 

"Momentum ini harus dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata Indonesia, agar nantinya para atlet maupun wisatawan lainnya kembali lagi datang berkunjung ke Indonesia," ucapnya. 

Dia berpendapat, upaya promosi itu dibutuhkan untuk bisa menarik minat wisman yang datang berkunjung saat Asian Games agar mau melakukan belanja sehingga berkontribusi pada perolehan devisa.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkirakan terdapat 170.000 wisman yang datang ke Indonesia dalam perhelatan Asian Games. 

Angka sebanyak 170.000 wisman tersebut terdiri atas 10.000 penonton, 5.000 panitia, 5.000 media dan 150.000 penonton mancanegara. "Asian Games ini menjadi momentum yang tepat sebagai ajang promosi destinasi wisata," katanya. 

Dia memproyeksi, 170.000 wisman yang datang ke Indonesia itu akan terfokus ke wilayah Jakarta, Bandung, dan Palembang. Adapun, potensi nilai devisa yang diperoleh dari para wisman tersebut ditaksir mencapai Rp3 triliun. 

Berdasarkan data Inasgoc, Asian Games akan diikuti 45 negara dengan jumlah 15.000 atlet dan panitia, 5000 media, 30.000 sukarelawan dan pekerja, serta akan ditonton 5 miliar pemirsa dari seluruh penjuru dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper