Google dan Facebook ‘Backup’ WhatsApp Gratis Tanpa Batas

Newswire
Kamis, 16 Agustus 2018 | 14:32 WIB
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google dan Facebook bekerjasama untuk menawarkan backup WhatsApp gratis tanpa batas di Google Drive.

Saat ini, pengguna memiliki kuota penyimpanan cadangan terbatas, namun dalam laman resminya, Kamis (16/8/2018), WhatsApp mengumumkan bahwa, "Mulai 12 November 2018, backup WhatsApp tidak akan lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive."

 Cadangan WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

"Untuk menghindari hilangnya cadangan apa pun, sebaiknya cadangkan data WhatsApp Anda secara manual sebelum 12 November 2018," tulis WhatsApp.

Anda dapat mencadangkan chat dan media Anda ke Google Drive, jika Anda mengganti ponsel Android atau membeli yang baru, obrolan dan media Anda dapat dialihkan.

Sebaiknya sambungkan ponsel ke Wi-Fi sebelum mencadangkan chat Anda melalui Google Drive, karena file cadangan dapat bervariasi ukurannya dan mengonsumsi data seluler, sehingga menyebabkan biaya tambahan.

Cara mencadangkan data Untuk membuat cadangan Google Drive, buka WhatsApp, pilih Menu > Setelan > Chatting > Cadangan chat.

Selanjutnya, pilih Cadangkan ke Google Drive, dan pilih frekuensi pencadangan selain "Jangan Pernah."

Pilih akun Google Anda untuk membuat cadangan riwayat obrolan Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan kredensial login Anda. Harap ingat akun Google yang Anda gunakan untuk cadangan.

Ketuk Cadangkan untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk membuat cadangan. Harap dicatat bahwa mencadangkan lewat jaringan data seluler dapat mengakibatkan biaya data tambahan.

Pencadangan lengkap untuk pertama kalinya bisa memakan waktu cukup lama. WhatsApp menyarankan untuk menghubungkan ponsel Anda ke sumber listrik. Namun, pencadangan berikutnya bersifat inkremental, sehingga tidak memerlukan cadangan baru untuk semua data Anda setiap saat.
Penting untuk dicatat bahwa media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di Google Drive.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper