Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RSPO Umumkan Pemenang Sustainable Financing Business Model

Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) hari ini telah memilih tiga pemenang dari para peserta mahasiswa yang mengikuti kompetisi Sustainable Financing Business Model.
Direktur RSPO Indonesia Tiur Rumondang (kedua dari kanan)/Bisnis-Yoseph Pencawan
Direktur RSPO Indonesia Tiur Rumondang (kedua dari kanan)/Bisnis-Yoseph Pencawan

Bisnis.com, JAKARTA - Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) hari ini telah memilih tiga pemenang dari para peserta mahasiswa yang mengikuti kompetisi Sustainable Financing Business Model.

Kompetisi yang diluncurkan pada tanggal 23 Mei 2018 itu mengajak mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk menyampaikan ide mereka mengenai Keuangan Berkelanjutan yang dapat diadopsi oleh sektor keuangan khususnya di sektor kelapa sawit dan rantai pasokannya.

Tiur Rumondang, Direktur RSPO Indonesia, mengatakan tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk menemukan ide-ide terbaru serta model bisnis yang tepat untuk Sustainable Financing. Ide tersebut diharapkan dapat diadopsi oleh perusahaan dan institusi keuangan guna memberikan dukungan lebih bagi perkembangan positif dari industri minyak sawit berkelanjutan di Indonesia.

"Selain itu, dengan posisi Indonesia secara global sebagai produsen terbesar dari minyak sawit berkelanjutan yang bersertifikatkan RSPO, kami melihat begitu pentingnya keterlibatan generasi muda Indonesia di dalam perjalanan keberlanjutan ini. Dimana mereka adalah generasi masa depan yang akan menjadi pemimpin di dalam pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," katanya Kamis (16/8/2018).

Kedepannya, program pendanaan berkelanjutan ini diharapkan dapat mengarahkan konsep pendanaan bagi sektor ekonomi yang strategis, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional. Khususnya bagi industri kelapa sawit yang merupakan salah satu kontributor terpenting bagi ekonomi Indonesia.

Menurutnya, sektor keuangan memiliki peran yang penting tidak hanya dalam berkontribusi terhadap komitmen Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi seperti yang telah ditelaah di dalam sebuah penelitian terbaru bahwa perusahaan dengan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik memiliki performa yang lebih baik.

Peran penting dari sektor keuangan ini dituangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di dalam peraturannya di POJK No. 51/2017 terkait Sustainable Financing atau pendanaan yang berkelanjutan.

Arief Ghani,  perwakilan dari Universitas Prasetya Mulya, yang keluar sebagai pemenang utama dari kompetisi ini, mengatakan kompetisi ini telah memberikan perspektif baru tentang langkah-langkah yang dapat diambil dalam menyinergikan ilmu bisnis dengan aspek sosial dan lingkungan.

"Kami berharap melalui inisiatif ini akan lebih banyak lagi mahasiswa yang terpapar dengan isu-isu yang sangat penting seperti isu berkelanjutan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper