Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitasi Pelaku UKM, Aplikasi Myukm Target jadi Alibaba Indonesia

General Manager Business Concept Specialized PT Tetap Terus Terang, Aldi R Pramanda menargetkan aplikasi Myukm bisa menjadi Alibaba-nya Indonesia. Alibaba merujuk pada platform daring bentukan Jack Ma di China.
Alibaba.com/Reuters
Alibaba.com/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - General Manager Business Concept Specialized PT Tetap Terus Terang, Aldi R Pramanda menargetkan aplikasi Myukm bisa menjadi Alibaba-nya Indonesia. Alibaba merujuk pada platform daring bentukan Jack Ma di China.

Menurutnya, sudah saatnya produk UMKM tanah air bersaing dengan produk-produk luar negeri dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran. Perusahaan itu diharapkan bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk lokal Indonesia.

"Kami punya tekat 'Saatnya kita bangga dengan produk negeri, 100% produk lokal'," katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Selasa (4/9/2018).

Tidak hanya sebagai marketplace, Myukm juga menyediakan fitur financial technology (Fintech). Fitur itu diharapkan menjadi solusi untuk pelaku UMKM yang kesulitan modal dalam mengembangkan bisnisnya.

"Dengan konsep bisnis fintech, diharapkan Myukm menjadi salah satu solusi terbaik untuk pelaku bisnis yang perlu mendapatkan solusi finansial," katanya.

Aldi menambahkan, tantangan dalam mengembangkan bisnis UMKM ke era digital yakni infrastruktur jaringan. Akses interet harus merata di semua wilayah Indonesia, agar pelaku usaha kecil dan menengah mudah menjalankan bisnisnya.

Dalam waktu dekat akan melakukan soft-launching aplikasi Myukm tersebut. Pihaknya juga sudah pernah memaparkan alur kerja aplikasi Myukm ke perwakilan sejumlah kementerian dan Pemda di kantor Pusat LAN pada Juli 2018.

"Secara keseluruhan, harapan kami Myukm mampu menjembatani para pelaku bisnis UMKM dengan pemerintah dan konsumen terkait dengan tantangan dalam dunia teknologi. Indonesia ke depannya harus bisa menjadi negara maju," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper