Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Progres Calon Jalan Tol Terpanjang di Tanah Air

Rekor jalan tol terpanjang saat ini dipegang oleh tol Cikopo—Palimanan atau Cipali sejauh 116 kilometer yang sudah beroperasi sejak 2015. Jika beroperasi nantinya, proyek jalan tol ini bakal menggeser posisi Cipali.
Ilustrasi: Kendaraan pemudik terjebak macet di jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7). /Antara
Ilustrasi: Kendaraan pemudik terjebak macet di jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat melansir pembangunan ruas tol Probolinggo—Banyuwangi atau Probowangi belum memulai tahap konstruksi karena masih merampungkan trase. Konstruksi jalan tol sepanjang 174 kilometer ini pun berpotensi mundur.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan bahwa topografi ruas Probowangi memang menantang karena melewati daerah pegunungan.

Di samping itu, pihaknya juga merelokasi trase di beberapa titik yang bersinggungan dengan fasilitas militer maupun fasilitas sosial.

Dia menuturkan bahwa di Situbondo, lokasi trase digeser karena bersinggungan dengan dengan fasilitas latihan militer. Di titik lain, trase juga menyinggung pesantren sehingga ada opsi untuk merelokasi trase.

"Ini masih terus kami diskusikan sambil berjalannya waktu. Yang jelas tetap kami kejar," ujarnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Menurut Sugiyartanto, proses penentuan lokasi atau penlok belum dilakukan seluruhnya. Saat ini baru 30 kilometer dari 174 kilometer yang sudah ditetapkan lokasi pembangunan jalan tol.

Dengan kondisi demikian, konstruksi jalan tol Probowangi belum dimulai.

Data Ditjen Bina Marga menunjukkan bahwa per Oktober 2018 progres pembebasan lahan dan progres konstruksi masih nihil. Padahal, berdasarkan catatan Bisnis, konstruksi jalan tol Probowangi diharapkan bisa dimulai pada awal 2018.

Penetapan lokasi merupakan pangkal dari proses pembebasan lahan. Proses ini akan menentukan tahap selanjutnya, yakni tahap konstruksi.

Jalan tol Probowangi yang konsesinya dimiliki oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi membentang sejauh 174 kilometer melewati empat kabupaten di Jawa Timur. Jalan tol ini terbagi lima seksi, yaitu seksi 1 SS (simpang susun) Kraksaan—Paiton (15,75 kilometer), seksi 2 SS Paiton—SS Besuki (21,89 kilometer), dan seksi 3 SS Besuki—SS Situbondo (43,48 kilometer), seksi 4 SS Asembagus—SS Bajulmati (43,61 kilometer) dan seksi 5 SS Bajulmati—Ketapang (21,45 kilometer).

Bila sudah beroperasi, jalan tol Probowangi akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

JIka beroperasi, jalan tol Probowangi akan mengalahkan rekor jalan tol terpanjang saat ini, yakni tol Cikopo—Palimanan sejauh 116 kilometer yang sudah beroperasi sejak 2015.

Jalan tol Procowangi juga melengkapi jalan tol Trans-Jawa yang hingga akhir 2018 ditargetkan rampung hinggga Probolinggo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper