Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Kartun Internasional SECAC Diundur

Jadwal pelaksanaan SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016 diundur, karena ada kendala teknis
Minions./.Universalpictures
Minions./.Universalpictures

Bisnis.com, SEMARANG- Jadwal pelaksanaan SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016 diundur, karena ada kendala teknis.

Ketua SICE 2016 Slamet Widodo menyatakan, semula SICE 2016 akan dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2016 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang. Menurut Slamet, pameran diundur karena ada kendala di luar teknis.

"Mohon maaf, karena ada hal di luar teknis, SICE 2016 terpaksa diundur menjadi 29 Oktober 2016," kata Slamet yang juga Ketua Semarang Cartoon Club (SECAC), Sabtu (15/10/2016).

Slamet berharap, pameran kartun internasional kali ini bisa menjadi event unggulan Kota Semarang. Sebagaimana diketahui, Kota Semarang merupakan gudang para kartunis. Mereka aktif menghiasi halaman media massa.

Kartunis Semarang juga aktif mengikuti kontes kartun internasional. Beberapa di antaranya bahkan mampu menorehkan prestasi. Sebut saja Jitet Koestana dengan penghargaan internasional terbanyak, tercatat sekitar 116 penghargaan.

Ikhsan Dwiono, Darsono, dan Legga Cecilia juga beberapa kali menjuarai kontes kartun internasional.

"Ini merupakan prestasi membanggakan bagi Kota Semarang. Ke depan kami berharap bisa menjadi lebih baik," katanya.

Atas nama panitia, Slamet mengundang masyarakat untuk menyaksikan pameran kartun yang akan berlangsung di Wisma Perdamaian mulai 29-31 Oktober 2016.

Humas SECAC, Arif Srabilor menambahkan, hingga hari terakhir pendaftaran pameran, panitia telah menerima kiriman karya dari 340 kartunis. Mereka berasal dari 64 negara di dunia. "Masing-masing kartunis rata-rata mengirim 3 karya. Jadi karya yang kami terima sampai hari ini sekitar 1.000 karya," ungkapnya.

Dia mengatakan, panitia telah melakukan seleksi karya tahap awal pada 29 September 2015 lalu. Seleksi dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari Jitet Koestana, Koesnan Hoesie dan Slamet Widodo.

Dari seleksi itu, panitia sudah mengantongi sekitar 100 karya untuk dipamerkan. "Selesksi tahap kedua akan kami lakukan dalam waktu dekat ini," kata Arif.

Arif menambahkan, selain pameran kartun SICE 2016 juga akan diramaikan dengan orasi budaya. Budayawan yang juga kartunis SECAC, Prie GS akan menyampaikan orasinya tentang kartun Semarang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga akan diundang untuk membuka sekaligus memberikan orasinya dalam pameran ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper