Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS INDONESIA Edisi Cetak Selasa, 7 Maret 2017. Seksi Utama

Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Selasa, 7 Maret 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/, Seksi Utama
Bisnis Indonesia Seksi Utama./.Bisnis
Bisnis Indonesia Seksi Utama./.Bisnis

Bisnis.com,, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Selasa, 7 Maret 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. KONFERENSI TINGKAT TINGGI IORA ; Kompak di Samudra Hindia

 Sebanyak 21 kamar dagang negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) menyepakati 11 poin deklarasi bersama untuk memperkuat peran sektor swasta dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi negara di kawasan tersebut.

KENAIKAN FED FUNDS RATE ; Indonesia Pede Hadapi Risiko Pembalikan Modal Asing

 Fundamental ekonomi Indonesia yang relatif kuat serta upaya menjaga kestabilan sistem keuangan nasional membuat Bank Indonesia dan pemerintah siap merespons rencana kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve.

Hal 2. Freeport dan Ujian Geopolitik Indonesia

 Ketegangan kembali memuncak antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia . Pemerintah menerbitkan aturan yang mewajibkan perubahan status kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Konsekuensinya, perusahaan dilarang ekspor konsentrat sejak 12 Januari 2017.

RIBUT LUPIYANTO ; Deputi Direktur C-PubliCA (Center for Public Capacity Acceleration)

Hal 3. SELEKSI DEWAN KOMISIONER OJK ; 30 Calon Lolos Tahap III

Sebanyak 30 calon dari total 35 calon dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan lolos dalam tahap III berupa pemeriksaan kesehatan dan assessment center.

 Hal 4. PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO ; Suku Bunga Setara Kredit Usaha Rakyat

 Bunga pembiayaan ultra mikro akan ditawarkan setara dengan bunga kredit usaha rakyat yang lebih dulu diimplementasikan. Namun, fasilitas pembiayaan baru tersebut nantinya memiliki tenor pinjaman yang lebih pendek.

Hal 5. INTERVENSI PEMERINTAH ; Seksinya Bank Sentral

Isu mengenai kenaikan tekanan dan intervensi pemerintah kepada bank sentral seolah sedang berkembang menjadi tren di sejumlah negara besar dunia saat ini.

Hal 6. REGULASI PONSEL 4G ; Mastel Minta Kejelasan TKDN

 Masyarakat Telematika Indonesia mendesak agar Kementerian Perindustrian memperjelas regulasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk ponsel 4G LTE sehingga produsen mendapatkan kepastian untuk menjalankan bisnis di Indonesia.

Hal 7. JALAN TOL ; Lelang 2 Ruas Tunggu Izin Gubernur

 Proses pelelangan dua proyek jalan tol yang rencananya diadakan tahun ini, yaitu Probolinggo—Banyuwangi dan Semarang—Demak belum dapat berlanjut lantaran masih menunggu izin penetapan lokasi dari gubernur setempat.

Hal 8. PENGEMBANGAN UMKM ; Daerah Pacu Program

Sejumlah daerah beradu strategi dalam merealisasikan program pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM. Di antaranya Jakarta menargetkan program pada warga penghuni rumah susun sepanjang tahun ini, sedangkan Surabaya fokus membina dan meningkatkan branding.

Hal 9. KAWASAN POTENSIAL ; Likupang Didorong Jadi KEK Wisata

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bakal mengajukan kawasan Likupang di Minahasa Utara sebagai kawasan ekonomi khusus atau KEK pada tahun ini. Status itu diharapkan bisa mendorong investasi pariwisata di Bumi Nyiur Melambai mengucur lebih deras.

Hal 10. KEMUDAHAN BERBISNIS ; Ranking Naik, What's Next?

Keseriusan pemerintah mereformasi tata kelola berbisnis di Tanah Air tampaknya mulai membuahkan hasil.

Hal 11. PROYEK DI RANTAU PRAPAT ; KPPU Denda Empat Rekanan PLN

Komisi Pengawas Persaingan Usaha menghukum denda empat pelaksana pengadaan proyek PT Perusahaan Listrik Negara Area Rantau Prapat, Sumatra Utara. Keempatnya diputus bersalah karena melakukan persekongkolan pemenang tender untuk proyek periode 2015 — 2020.

Hal 12. PILGUB DKI JAKARTA 2017 ; Koalisi Cikeas Beraksi

Partai Amanat Nasional secara terbuka menyatakan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan-Sandiaga S. Uno dalam putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 19 April 2017.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Priyo Susilo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper