Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umat Gereja Katedral Doakan Muslim di Indonesia

Umat Gereja Katedral Jakarta mengirimkan doa untuk umat Islam yang hari ini merayakan Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah.
Umat di Gereja Katolik Katedral Jakarta./Antara
Umat di Gereja Katolik Katedral Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Umat Gereja Katedral Jakarta mengirimkan doa untuk umat Islam yang hari ini merayakan Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah.

"Ya Bapak, hari ini saudara-saudara kami umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri," kata lektor dalam misa pukul 10.00 WIB di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/6/2017).

"Semoga umat Kristiani semakin berani menjalin kerja sama dan persaudaraan dengan umat agama lain dalam mewujudkan perdamaian," jawab umat Katedral.

Dalam kotbahnya, Romo Mariono mengajak umat Kristiani untuk saling memaafkan, seperti halnya umat Islam yang bermaaf-maafan pada Hari Raya Idulfitri.

"Pada hari ini saudara-saudara kita yang Muslim saling memaafkan satu sama lain. Kita pun diajak untuk memaafkan. Mereka mau membangun kembali relasi yang mungkin terganggu menjadi relasi yang lebih positif dan baik," katanya.

Gereja Katredal hari ini memangkas jadwal misa yang bertepatan dengan Hari Lebaran untuk menghormati umat Muslim yang melaksanakan Shalat Idulfitri di Masjid Istiqlal.

"Situasi agak khusus ini karena bersamaan pada hari Minggu. Kami memahami umat Muslim hanya ada satu waktu serentak untuk Shalat Id, sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali dalam hari Minggu," kata Kepala Paroki Gereja Katredal Jakarta Romo Hani Rudi Hartoko.

Biasanya, Gereja Katedral bermisa Minggu diadakan enam kali, yakni pukul 06.00; 07.30; 09.00; 11.00; 17.00 dan 19.00 WIB. Namun, khusus pada 25 Juni 2017 misa hanya diadakan empat kali pada pukul 10.00; 12.00; 17.00 dan 19.00 WIB.

"Bertetangga yang baik dan tulus sebagai sesama anak bangsa dan saling mendukung dalam bertetangga. Untuk saling menghormati dan ikut bergembira di hari yang fitri," demikian Romo Hani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper