Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018 : Lebih 5.000 Jurnalis Gratis Naik Transjakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Transjakarta memberikan akses gratis naik busway selama Asian Games berlangsung kepada sebanyak 5.000 wartawan terakreditasi.
Bus Transjakarta siap menyuseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta./JIBI- M Ridwan
Bus Transjakarta siap menyuseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta./JIBI- M Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Transjakarta memberikan akses gratis naik busway selama Asian Games berlangsung kepada sebanyak 5.000 wartawan terakreditasi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi seluruh warga Ibu Kota yang ingin ikut berpartisipasi memeriahkan Asian Games.

Adapun insentif yang diberikan oleh Pemprov DKI berupa membebaskan biaya naik Transjakarta pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Jumlah unit yang disiapkan untuk mengantar warga DKI ini sebanyak 1.750 bus.

Selain itu, layanan gratis naik Transjakarta tersebut diberikan kepada wartawan yang telah mendaftarkan secara resmi untuk meliput Asian Games yang berjumlah sebanyak 5.000 orang.

Wartawan yang terakreditasi ini mendapatkan kartu pengenal khusus yang berlaku sejak 10 Agustus 2018--15 September 2018. Proses penggunaan kartu pengenal ini sama seperti uang-el yang hanya perlu menempelkan ke sarana khusus yang berada di halte.

“Kita memberikan fasilitas bagi para jurnalis yang jumlahnya 5.000 [unit] untuk menggunakan Transjakarta secara gratis selama Asian Games. Ini ada sebanyak 350 bus Transjakarta yang digunakan, di luar 1.750 [unit] yang akan memfasilitasi. Ini salah satu bentuk [dukungan] dari Pemprov DKI Jakarta untuk kesuksesan [Asian Ganws]. Kita berharap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balairung, Balai Kota, Senin (13/8/2018).

Anies menjelaskan bahwa Kebijakan ini tidak akan mempengaruhi pendapatan PT Transjakarta. “Tidak mengganggu pendapatan Transjakarta karena ini adalah penumpang tambahan, yaitu jurnalis dan relawan. Dan penumpang tambahan itu tidak dikenakan biaya [karena] tidak dijadikan pemasukan," ujarnya.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada sekitar 1.600 bus Transjakarta yang beroperasi. Adapun dengan penambahan ini maka sekitar 2.000 bus Transjakarta siap dijalankan.

Bus ini juga akan diperuntukkan bagi atlet dan tamu-tamu negara yang akan menyaksikan Asian Games. PT Transjakarta akan menyiapkan transportasi sesuai dengan jadwal kedatangan para atlet.

Sementara itu, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir menyampaikan layanan gratis Transjakarta juga diberikan kepada 13.000 volunteer (relawan) agar dapat lebih mudah melaksanakan tugas ketika mengawal Asian Games. Layanan bus gratis ini telah dimulai sejak 1 Agustus 2018 lalu hingga Asian Games berakhir.

Erick berharap Asian Games menjadi momentum baik bagi masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas secara efektif dan juga mengurangi polusi udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler