Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Biru Sepanjang 15 Meter Sangkut di Jaring Nelayan

Seekor paus biru tersangkut dalam sero nelayan bajo di perairan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara.
Paus biru/www.jjc.edu
Paus biru/www.jjc.edu

Kabar24.com, JAKARTA-- Seekor paus biru tersangkut dalam sero nelayan bajo di perairan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Saya dengan dua teman berenang memukul-mukul ekornya, tapi ikannya tidak mau bergerak," kata Tawing melalui telepon selulernya, Selasa (1/9/2015).

Tawing,  warga desa Mekar Bajo, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe adalah pemilik sero. Ini merupakan alat tangkap nelayan berupa jaring yang ditancap di dasar laut menggunakan bambu atau kayu.

Diperkirakan paus biru (Balaeneptera musculus) yang tersangkut di sero nelayan itu memiliki panjang sampai 15 meter.  Tawing bersama dua rekanya berusaha melepaskan paus biru yang sudah berjam-jam terjaring.

Sayang karena ukuran ikan yang sangat besar dan kondisi perairan yang dangkal ikan tidak bisa di lepaskan. Tawing memanggil sejumlah nelayan di desa Mekar Bajo, berusaha melepaskan paus tersebut. 

"Semoga belum mati, mau saya lepas lagi," ujarnya.

Prihanto, pejabat di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara, belum mengetahui paus biru yang tersangkut di sero nelayan. Pihaknya akan mengecek keberadaan paus tersebut di perairan Teluk Kendaei.

Prihanto menduga paus biru itu terbawa arus dan terpisah dari rombongan ketika hendak bermigrasi dari perairan benua Asia menuju perairan Australia.

"Sekarang musim panas, paus berimigrasi untuk mencari perairan hangat. Di Indonesia sekarang musim panas, jadi wilayah kita menjadi kawasan perlintasan mereka," kata Prihanto.

Prihanto menambahkan semua jenis paus masuk dalam kategori satwa yang di lindungi.  Dia meminta warga tidak memanfaatkan bagian tubuh satwa yang dilindungi itu karena masuk dalam kategori pidana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper