Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden: Hadapi Persaingan Global, Indonesia Perlu Anak-anak Pintar

Presiden Joko Widodo menegaskan agar seluruh anak Indonesia dapat mengenyam pendidikan yang baik di segala bidang ilmu.
Ilustrasi anak sekolah/Antara-Basri Marzuki
Ilustrasi anak sekolah/Antara-Basri Marzuki

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan agar seluruh anak Indonesia dapat mengenyam pendidikan yang baik di segala bidang ilmu. Dengan demikian, mereka kelak dapat memiliki daya saing pada persaingan global.

"Negara kita Indonesia memerlukan anak-anak kita pintar semuanya karena nanti 20 tahun yang akan datang, 30 tahun yang akan datang, persaingan sangat ketat sekali, kalau di sana [negara lain] pintar kita juga harus lebih pintar, itu baru bisa bersaing," ujarnya.

Presiden mengemukakan hal tersebut saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kantor Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (23/3/2017) seperti dalam keterangan tertulis.

Presiden Jokowi membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) langsung kepada 807 siswa di sekitar Kecamatan Galang dan Kecamatan Sagulung, Batam, Kepulauan Riau.

KIP merupakan rangkaian dari Program Indonesia Pintar (PIP), salah satu upaya pemerintah dalam hal pengembangan SDM untuk mempermudah anak-anak mendapatkan akses pendidikan.

Turut mendampingi pembagian KIP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy turut menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan setiap jenjang pendidikan yang maju ke depan podium, disaksikan oleh seluruh penerima yang mengangkat kartu yang baru mereka terima tinggi-tinggi dengan penuh antusias.

Adapun alokasi bantuan dana sejumlah Rp450.000 per tahun untuk jenjang Sekolah Dasar, Rp750.000 per tahun untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Rp1.000.000 per tahun untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Alokasi bantuan itu ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper