Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEROR PENEMBAKAN MESIR: Anak Lelaki 14 Tahun Ini Berani Hadapi Ketakutan

Seorang anak berusia 14 tahun menjadi saksi bagaimana penembakan, termasuk ayahnya sendiri, dan dengan keberaniannya berhasil menghubungi pamannya melalui pesawat telepon untuk mengabarkan apa yang terjadi.
Ambulan dan petugas medis di Rumah Sakit Maghagha, Provinsi Minya, Mesir, melakukan evakuasi korban (26/5/2017)./Reuters TV
Ambulan dan petugas medis di Rumah Sakit Maghagha, Provinsi Minya, Mesir, melakukan evakuasi korban (26/5/2017)./Reuters TV

 

Kabar24.com, KAIRO - Teror penembakan liar di Mesir selain menyisakan kesedihan pada keluarga korban juga memunculkan kisah keberanian.

Seorang anak berusia 14 tahun menjadi saksi bagaimana penembakan, termasuk ayahnya sendiri, dan dengan keberaniannya berhasil menghubungi pamannya melalui pesawat telepon untuk mengabarkan apa yang terjadi.

Marco Ayed Habib, remaja lelaki berusia 14 tahun yang duduk di kelas tiga sekolah persiapan, terlihat riang di mobil bak terbuka milik ayahnya bersama adiknya, Mina, dan beberapa pekerja lain.

Mereka bergerak menuju satu biara di jalan raya gurun di Provinsi Minya, Mesir Hulu.

Tak pernah terlintas di benak bocah lugu tersebut bahwa perjalanan itu akan berubah menjadi tragedi; ayahnya termasuk di antara 30 korban yang ditembak pelaku teror pada Jumat (26/5/2017).

Marco selamat dan menjadi saksi meskipun ia tak bisa menahan air mata mengalir saat menceritakan peristiwa naas yang menimpa dia, ayahnya dan adiknya.

"Dua pria menghentikan mobil kami untuk ikut di jalan raya gurun. Di luar biara sebelum kami turun, mereka menghadapi kami, meminta kartu identitas ayah dan sebelum ia memberikan kartu tersebut kepada mereka, mereka menembak dia dengan tiga peluru. Saya menyaksikannya," kata remaja lelaki itu sambil menyeka air matanya, yang berlinang, kepada Xinhua.

Marco mengatakan semua pelaku teror tersebut berjumlah lebih dari selusin atau barangkali 15, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu (28/5/2017) pagi.

Mereka menyamar dengan mengenakan seragam militer dan mereka memiliki kamera video untuk merekam serangan mematikan pada Jumat tersebut terhadap satu bus dan dua mobil yang bergerak menuju Wihara Saint Samuel di Maghagha.

Setelah ayahnya ditembak dan para pelakunya bersiap melarikan diri, anak lelaki itu dengan berani menyusup ke dalam kendaraan ayahnya dan menelepon pamannya di desanya, Dayr Jarnous, untuk minta tolong.

"Marco adalah pahlawan dalam tragedi tersebut, sebab ia adalah satu-satunya orang yang dapat kembali ke mobil dan menelepon kami untuk minta tolong," kata pamannya, Mamdouh Youssef Michael, kepada Xinhua di dekat altar di Sacred Family Church di Dayr Jarnous, tempat pemakaman beberapa korban diselenggarakan.

Michael menambahkan mereka bergegas ke lokasi serangan dan melihat Ayed, ayah Marco, berlumur darah tapi masih hidup. Mereka berusaha membawa pria tersebut ke rumah sakit terdekat tapi ia menghembuskan nafas terakhirnya di jalan.

"Kami membawa dia untuk menyelamatkannya dan satu ambulans menemui kami di tengah jalan, mengambil dia dan memberinya respirator, tapi ia meninggal sebelum kami sampai ke rumah sakit," kata paman Marco.

Ia menambahkan Marco dikelilingi oleh lebih dari 30 mayat di satu daerah pegunungan, tapi bocah lelaki tersebut bukan hanya menelepon keluarganya untuk minta bantuan tapi juga menghentikan satu mobil pribadi dan meminta mereka membawa adiknya yang berusia 10 tahun, Mina, ke tempa aman di jalan raya itu.

Selama proses pemakaman yang diselenggarakan pada Jumat malam di Sacred Family Church di Desa Dayr Jarnous, ratusan pemeluk Koptik dan Muslim berpawai bersama serta meneriakkan slogan persatuan dan doa buat semua korban.

Serangan teror di Mesir telah menewaskan ratusan polisi dan tentara sejak penggulingan Presiden Mohammed Moursi oleh militer pada pertengahan 2013 sebagai reaksi atas protes massa terhadap satu masa masa jabatannya dan kelompoknya, yang saat ini dilarang --Ikhwanul Muslimin.

Kebanyakan serangan tersebut telah diakui oleh kelompok yang berpusat di Gurun Sinai dan setia kepada IS regional, yang mulai memperluas operasi teror untuk mengincar masyarakat minoritas Koptik guna lebih menekan pemerintah.

Pada April pemboman yang diklaim oleh IS terhadap dua tempat ibadah di Provinsi Gharbiya dan Iskandariyah di bagian utara negeri itu menewaskan sedikitnya 47 orang dan melukai lebih dari 120 orang lagi. Pemboman bunuh diri serupa di satu tempat ibadah di Kairo pada Desember 2016 menewaskan tak kurang dari 28 orang.

Pada Sabtu (27/5), IS juga mengaku bertanggung-jawab atas serangan anti-Koptik di Minya, yang merenggut korban dari Provinsi Minya, Beni Sweif serta Giza. Semua korban akan pergi ke biara. Ayah Marco adalah salah satu dari mereka.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengutuk serangan tersebut, dan mengatakan, "Tak boleh ada pembenaran buat aksi kekerasan semacam itu."

"Sekretaris Jenderal menyampaikan simpatinya yang paling dalam kepada keluarga korban dan kepada rakyat serta Pemerintah Mesir," kata Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB, Stephane Dujarric, di dalam satu pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Xinhua-OANA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper