Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laki-laki Single, di bawah Usia 25 Lebih Bahagia

Berdasarkan Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), laki-laki di Indonesia lebih bahagia daripada perempuan.
Ilustrasi/eharmony
Ilustrasi/eharmony

Kabar24.com, JAKARTA--Berdasarkan Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), laki-laki di Indonesia lebih bahagia daripada perempuan.

Dari SPTK tersebut, indeks kebahagiaan laki-laki mencapai 71,12. Sementara itu, perempuan hanya 70,30.

Kepala BPS Suhariyanto dari hasil tersebut bisa dilihat laki-laki lebih bahagia daripada perempuan.

Namun jika dilihat berdasarkan status, penduduk yang belum menikah memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi.

"Indeks kebahagiaan penduduk yang belum menikah mencapai 71,53, sementara yang sudah menikah sebesar 71,09," ujar Suhariyanto, Selasa (15/8).

Lebih lanjut, penduduk yang mengalami cerai hidup indeks kebahagiaannya hanya 67,83. Angka ini lebih rendah dibandingkan penduduk yang cerai mati, yakni 68,37.

Berdasarkan kelompok hidup, Suhariyanto mengatakan penduduk usia 24 tahun ke bawah paling bahagia karena memiliki tingkat indeks kebahagiaan mencapai 71,29.

"Angka ini menurun seiring pertambahan usia," katanya. Kelompok penduduk 25-40 tahun memiliki tingkat kebahagiaan sebesar 71,13 dan kelompok 40-64 tahun sebesar 70,69.

Bagi penduduk di atas 65, BPS mencatat indeks kebahagiaannya mulai berkurang hingga 69,18. Kendati kebahagiaannya berkurang, Suhariyanto mengungkapkan kelompok penduduk usia 40-64 tahun ke atas memiliki indeks kepuasaan hidup sosial yang semakin meningkat.

Kepala BPS mengatakan hasil survei ini tercakup dalam Indeks Kebahagiaan Indonesia 2017. Indeks ini hanya diumumkan 3 tahun sekali. Terakhir kali, BPS mengumumkan Indeks Kebahagiaan Indonesia pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper