Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Olly Minta Pengadaan Sumur Bor di Sulut Ditambah

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta Kementerian Eenergi Sumber Daya Mineral menambah jumlah alokasi pengadaan sumur bor air tanah.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey/Antara-Hafidz Mubarak A
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey/Antara-Hafidz Mubarak A

Kabar24.com, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta Kementerian ESDM menambah jumlah alokasi pengadaan sumur bor air tanah. Ia meminta di Bumi Nyiur melambai tahun depan sumur tersebut bisa dibuat di 15 lokasi dari rencana semula 8 lokasi.

"Kami dengar tahun depan direncanakan akan ada delapan lagi di Sulut. Tapi kalau menurut kami diharapkan ada penambahan 15 sumur bor air tanah lagi di Sulut. Itu sudah berdasarkan hitung-hitungan kebutuhan kami, dan segera akan kami kirimkan proposalnya," ujar Olly.

Pihaknya meminta Menteri ESDM Ignasius Jonan dan jajaran dapat mengabulkan hal itu lantaran di Sulut masih banyak wilayah maupun daerah kepulauan yang sangat sulit mendapatkan air bersih.

Di sisi lain, ia juga berterimakasih atas bantuan pengadaan 5 buah sumur bor bagi masyarakat.

Hal ini, lanjut dia, merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah pusat bagi kemajuan pembangunan daerah dan masyarakat di daerah Sulawesi Utara.

Pihaknya mengakui bahwa peningkatan jumlah penduduk dan intensitas kegiatan ekonomi yang tidak diimbangi ketersediaan air yang memadai masih menjadi tantangan bersama. Begitu pula dengan masih terjadinya pembukaan lahan guna keperluan perluasan daerah pertanian, perkebunan, pemukiman dan industri serta kurangnya pengelolaan sumber daya air yang terpadu dan konseptual.

Plt. Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana mengatakan bahwa lima titik lokasi sumur bor air tanah yang telah diresmikan Menteri ESDM Ignasius Jonan tersebar di Kabupaten Minahasa Utara dua titik, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa, dan Kota Bitung, Sumur bor dimaksud merupakan hasil pekerjaan tahun anggaran 2016.

"Untuk tahun anggaran 2017 ada empat sumur bos air tanah yang dibangun di Sulut. Tahun depan memang direncanakan akan ditambah lagi menjadi delapan," ujarnya.

Secara nasional, kata Rida, jumlah pengadaan sumur bor air tanah tahun 2017 sebanyak 250 unit dan di 2018 ditingkatkan dua kali lipat menjadi 500 titik lokasi.

Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan yang mendengar aspirasi Gubernur Sulut Olly Dondokambey tersebut langsung memberikan jawaban bahwa pihaknya akan memenuhi permintan orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai tersebut.

"Kalau Pak Gubernur bilang masih butuh 15 sumur bor air bersih lagi, maka saya iyakan. Kami akan penuhi itu," ujar Jonan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper