Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Aher Imbau Warganya Tetap Waspada Gempa

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau masyarakat agar tetap melakukan ativitas normal pascagempa, namun tetap harus waspada.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau masyarakat agar tetap melakukan ativitas normal pascagempa, namun tetap harus waspada menyusul gempa besar yang melanda 15 Desember kemarin.

"Pascagempa saat Jumat malam kemarin masyarakat sudah bisa kembali lagi ke rumahnya dan pagi ini sudah bisa beraktivitas, tapi ingat harus tetap waspada," kata Aher dalam siaran persnya, Minggu.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena khawatir ada potensi tsunami, masyarakat di Pangandaran, Cipatujah, dan di Pameungpeuk sudah siap-siap keluar rumah untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Tapi pada dua jam kemudian dinyatakan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami dan sejak pagi sudah mulai didata tentang kerusakan apa saja yang terjadi akibat musibah ini, terus sudah ada laporan dari Tasikmalaya, Pangandaran, Garut, Ciamis, dan sekitarnya," kata dia.

Gempa bumi tersebut, kata Aher, juga mengakibatkan sejumlah kerusakan bangunan mulai dari rumah warga hingga fasilitas publik lainnya.

"Ada kerusakan rumah, sekolah, pusat layanan masyarakat, perkantoran dan akan segera kita tangani," katanya.

"Kalau dijumlahkan lumayan, ada 300-an rumah berupa rusak berat, sedang, dan ringan. Ada beberapa SMA/SMK, RSUD di Tasikmalaya juga retak-retak. Korban bencana kebanyakan luka-luka," lanjut Aher.

Dia menambahkan, penanganan pacsa-bencana yang dilakukan saat ini di antaranya dengan mengevakuasi warga serta melakukan mitigasi bencana atau upaya untuk mengurangi risiko bencana.

"Tentu kalau yang rumahnya baik-baik saja selesai dan aman walaupun masih ada trauma, sekarang kita data rumah-rumah yang rusak," kata dia.

Penanganannya, lanjutnya, ialah pertama menenangkan masyarakat, lalu melakukan mitigasi dan normalisasi pascabencana. "Sehingga Insya Allah tertangani," kata dia.

Gempa yang berlangsung lebih dari 30 detik ini merupakan gempa berskala menengah yang terasa hingga ke sejumlah wilayah Pulau Jawa.

Lima menit setelah gempa terjadi, sistem diseminasi BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selanjutnya, BMKG melakukan monitoringtsunami gauge di Pangandaran, Pamayang Sari, Binangeun (Banten) dan Pacitan (Jawa Timur).

Dari hasil monitoring di beberapa stasiun tsunami gauge yang dekat dengan pusat gempa menunjukkan tidak ada rekaman kenaikan muka air laut, sehingga BMKG melakukan Pengakhiran Peringatan Dini Tsunami pada pukul 02.26 WIB atau sekitar 2 jam setelah gempa terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper