Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Li Ka-shing Pensiun, CK Hutchison Tetap Kokoh

Berita tentang pensiun Li Ka-Shing (mantan ketua CK Hutchison Holdings Ltd) datang bersamaan dengan pengumuman hasil yang lebih baik dari ekspektasi di beberapa perusahaannya.
Orang terkaya di Hong Kong Li Ka-shing mengumumkan pensiun, Jumat (16/3/2018)./Reuters
Orang terkaya di Hong Kong Li Ka-shing mengumumkan pensiun, Jumat (16/3/2018)./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Berita tentang pensiun Li Ka-Shing (mantan ketua CK Hutchison Holdings Ltd) datang bersamaan dengan pengumuman hasil yang lebih baik dari ekspektasi di beberapa perusahaannya.

Dikutip dari laman Reuters, CK Hutchison melaporkan kenaikan profit 6% pada 2017 menjadi HK$ 35,1 miliar (US$4,48 miliar), atau di atas ekspektasi 12 analis yang disurvei oleh Thomson Reuters yang hanya memperkirakan US$34,63 miliar.

Reksa dana real estate CK Asset Holdings Limited (1113.HK) mencatat kenaikan profit tahunan sebesar 55%.

"Pertumbuhan yang sehat dan tersinkronisasi di negara-negara ekonomi utama meningkat pada tahun 2017. Dengan perkiraan tersebut kecenderungan ini diperkirakan akan berlanjut dan inflasi tetap tidak stabil, lingkungan pada tahun 2018 harus tetap mendukung perdagangan global dan bisnis kita," kata Li, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/3/2018).

Namun, dia menolak untuk meramalkan prospek ke depan perusahaannya, karena bagaimanapun, pasar properti ‘panas merah’, salah satu yang paling mahal di dunia, dan telah mencapai puncaknya.

"Saya tidak berani berspekulasi mengenai harga properti, harga properti sudah tidak terjangkau masyarakat," katanya sambil mendesak pemerintah untuk membangun lebih banyak perumahan rakyat.

Li Ka-shing Pensiun, CK Hutchison Tetap Kokoh

Li, yang menduduki peringkat 23 di daftar kaya dunia oleh Forbes, adalah konglomerat terkaya di Hong Kong. Selama beberapa tahun terakhir, hubungan dekat Li dengan pimpinan Partai Komunis Beijing telah mendapat sorotan. Dia tidak pernah bersikap kritis terhadap publik.

"Saya sangat suka membaca sejarah, dan tentang negara saya. Jika saya bisa memilih hari ini, mengenai reformasi konstitusional [di China] jadi [Presiden] Xi [Jinping] bisa pergi untuk masa jabatan lain saya akan memilihnya, "kata Li.

"Hubungan saya dengan pemerintah pusat cukup bagus. Tapi, secara pribadi saya tidak mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak saya katakan," imbuhnya.

Meski pensiun, Li dengan sigap mengatakan bahwa dirinya tidak akan sepenuhnya beristirahat.

"Saya akan mengenakan setelan pertempuran baru dan melakukan semua usaha saya dalam pekerjaan yayasan amal saya, terutama mengenai aspek kedokteran dan pendidikan."

Adapun, saham CK Hutchison ditutup naik 0,3% pada hari Jumat (16/3/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M.Richard
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper