Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Pindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem?

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan bahwa Australia tengah mempertimbangkan memindahkan kedutaan besar mereka untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.
PM Australia Scott Morrison/Reuters
PM Australia Scott Morrison/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan bahwa Australia tengah mempertimbangkan memindahkan kedutaan besar mereka untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Morrison mengakui bahwa Australia mulai mempertimbangkan keputusan itu karena proses perdamaian antara Israel dan Palestina tak kunjung usai, terutama dalam isu perebutan Yerusalem sebagai ibu kota.

"Kami mendukung solusi dua negara, tapi sayangnya itu tak berjalan dengan baik, tak begitu banyak perkembangan, dan kalian tidak bisa melakukan hal yang sama terus menerus tapi mengharapkan hasil berbeda," ujar Morrison sebagaimana dikutip Theguardian.com, Selasa (16/10/2018).

Dia pun menganggap pertimbangan tersebut sangat "masuk akal" dan "persuasif" sehingga akan terus digodok oleh pemerintah. Dengan pertimbangan itu, Morrison ingin mencairkan anggapan bahwa pembicaraan mengenai pemindahan kedubes ke Yerusalem sebagai hal yang tabu.

"Hanya pemikirian kolot yang selalu menganggap perdebatan isu-isu seperti mempertanyakan ibu kota adalah hal tabu. Saya rasa kita harus melawan itu," kata Morrison.

PM dari Partai Liberal itu mengatakan bahwa usul pemindahan kedubes  sebenarnya adalah gagasan mantan Duta Besar Australia untuk Israel, Dave Sharma. Sharma sendiri akan bertarung dalam pemilihan umum parlemen di Sydney, daerah konstituen berpopoulasi mayoritas Yahudi dalam beberapa hari ke depan.

Pernyataan itu pun dianggap sebagai cara Morrison mendulang suara bagi partainya yang terancam kehilangan satu kursi di parlemen.

"Scott Morrison sekarang sangat tertekan untuk mempertahankan pekerjaannya. Dia siap mengatakan apa pun yang dapat membuatnya mendapatkan suara, meski harus mengorbankan kepentingan nasional Australia," kata juru bicara kebijakan luar negeri oposisi, Penny Wong.

Masa depan politik Morrison memang sedang di ujung tanduk. Popularitasnya langsung merosot setelah menggulingkan PM Australia sebelumnya yang dinilai lebih moderat, Malcolm Turnbull.

Selama menjabat, Turnbull selalu menolak keputusan Presiden Donald Trump yang memindahkan kedubes Amerika Serikat untuk Israel ke Yerusalem. Menurutnya, keputusan itu sama sekali tak membantu perdamaian.

Kini, Morrison pun menampik anggapan bahwa dia mempertimbangkan pemindahan kedubes itu berdasarkan keputusan Trump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper