Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cruise Wisata Jelajah Sungai Mahakam Bertambah Satu

Kapal cruise untuk wisata jelajah Sungai Mahakam ditambah, hasil dari kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan pihak swasta.
Sungai Mahakam, Samarinda, Kaltim./REUTERS-Beawiharta
Sungai Mahakam, Samarinda, Kaltim./REUTERS-Beawiharta

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kapal cruise untuk wisata jelajah Sungai Mahakam ditambah, hasil dari kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan pihak swasta.

Kapal tersebut bernama Pesut Mahakam, berkapasitas 70 penumpang dalam dua lantai kapal. Kapal cruise tersebut beratap tengah dan tidak berdinding agar penumpang dapat leluasa menikmati pemandangan.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafrudin Pernyata mengatakan peluncuran unit kapal cruise baru itu bukanlah penambahan unit kapal yang terakhir. Dia optimistis destinasi wisata tersebut dapat berkembang.

"Mungkin ke depannya akan ada lagi pihak swasta yang tertarik berinvestasi pada destinasi wisata ini. Pariwisata cruise Mahakam sangat menjanjikan dan prospeknya bagus digarap bersama," jelasnya dalam pernyataan resminya, Senin (20/3/2017).

Sungai sepanjang 920 Km itu melewati tiga kabupaten, yakni Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu, serta melewati satu kota, yakni Samarinda.

Menurutnya, wisata cruise Mahakam menyuguhkan berbagai macam keunggulan, seperti budaya pesisir, keraton, dan pemandangan hutan belantara Kalimantan Timur.

"Karakteristik Sungai Mahakam berbeda dengan sungai-sungai yang ada di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Banyak yang bisa dilihat. Oleh karena itu kami promosikan karena keunikannya," tuturnya.

Lebih lanjut, dia berharap dengan adanya penambahan satu kapal cruise, akan mempercepat pengembangan destinasi wisata baru tersebut, khususnya pada pengembangan usaha menengah dan mikro.

"Kapal yang diluncurkan ini ukurannya lebih besar dari kapal cruise yang sebelumnya sudah beroperasi, jadi daya tampungnya lebih banyak," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper