Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Kaltim Fasilitasi Keuangan Non Tunai Pemkot Balikpapan

Bank Kaltim Cabang Balikpapan siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan dalam menerapkan sistem transaksi keuangan non tunai.

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Bank Kaltim Cabang Balikpapan siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan dalam menerapkan sistem transaksi keuangan non tunai.

Hari ini, Pemkot Balikpapan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menandatangi nota kesepahaman mengenai Elektronifikasi Transaksi Keuangan.

Kesepakatan itu akan diterapkan dalam transaksi di tiap-tiap organisasi pemerintah daerah. Salah satu yang akan segera direalisasikan adalah E-parking.

"Kami siap saja bekerja sama, sudah ada OPD yang bekerja sama dengan kami, yaitu Dispenda. Kami fasilitasi sistem keuangan untuk penerimaan retribusi daerah," jelas Kepala Cabang Bank Kaltim Balikpapan Muhammad Hidayat, Selasa (18/4/2017).

Pihaknya juga telah menyosialisasikan produk ke sejumlah OPD Pemkot Balikpapan. Kantor pusat Bank Kaltim juga telah menyanggupi dan siap menyediakan sistem keuangan non tunai.

Menurutnya, saat ini sistem pada masing-masing OPD masih harus diselaraskan dengan sistem yang ada pada Bank Kaltim. Kendati telah bekerja sama, sistem yang digunakan masing-masing OPD berbeda.

"Jadi ke depannya harus diselaraskan. Dulu waktu belum kami fasilitasi, masing-masing OPD menerima pembayaran melalui vendornya masing-masing," ungkap Dayat.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini masyarakat, khususnya nasabah Bank Kaltim sendiri, masih cenderung lebih menyukai bertansaksi secara tunai. Padahal, risiko transaksi tunai tergolong tinggi.

"Kontraktor saja masih ada yang menarik tunai hingga Rp200 juta untuk kebutuhan belanjanya, padahal membawa uang sebanyak itu kan berisiko," tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper