Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Prioritaskan Legok jadi Kampung KB

BKKBN Kaltim memprioritaskan 128 kawasan legok untuk dijadikan sasaran utama dalam pembentukan Kampung KB, sehingga masyarakatnya berdaya untuk menuju keluarga sejahtera.
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

Bisnis.com, SAMARINDA-- Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Timur kini memprioritaskan 128 kawasan legok untuk dijadikan sasaran utama dalam pembentukan Kampung KB, sehingga masyarakatnya berdaya untuk menuju keluarga sejahtera.

"Berdasarkan pemetaan sekaligus pendataan yang kami lakukan, terdapat 128 kawasan legok, sehingga kawasan inilah yang menjadi prioritas pembentukan Kampung KB," ujar Karlina, Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN Provinsi Kaltim di Samarinda, Senin.

Kawasan legok merupakan desa atau kelurahan yang perekonomiannya lemah, banyak keluarga prasejahtera, kepesertaan KB-nya rendah, infrastrukturnya minim, dan sejumlah indikator minus lainnya.

Menurutnya, ke- 128 desa/kelurahan yang masuk kawasan legok itu tersebar di 10 kabupaten/kota, seperti di Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat 22 desa, antara lain Desa Muara Aloh, Jonggon, Loa Janan Ulu, Batuah, Sidomulyo, Tanjung Limau, Gas Alam Badak I, Maluhu, Muara Kaman Ulu, Muara Pedohon, dan Sungai Merdeka.

Kemudian di Kabupaten Berau terdapat 17 desa, antara lain Desa Long Beliu, Sambaliung, Long Lanuk, Tepian Buah, Sumber Mulya, Tanjung Redeb, Maluang, Tanjung Batu, Teluk Semanting, Tanjung Prepat, Teluk Bayur, Tabalar Ulu, Biantan Bapinang, dan Desa Biantan Ulu.

Selanjutnya di Kabupaten Kutai Timur terdapat delapan desa, yakni Desa Long Wehea, Sangatta Utara, Singo Gembara, Tanjung Manis, Kongbeng Indah, Benua Baru Ulu, Sangkima, dan Desa Teluk Sangkima.

Kawasan legok tidak hanya berada di kabupaten, tapi di perkotaan juga ada, seperti di Kota Bontang terdapat empat kawasan legok, yakni Kelurahan Gunung Elai, Satimpo, Gunung Telihan, dan Kanaan.

Kemudian di Kota Balikpapan terdapat tujuh daerah, antara lain Manggar Baru, Marga Sari, dan Kelurahan Batu Ampar. Di Kota Samarinda terdapat 10 kawasan legok antara lain Kelurahan Bantuas, Pampang, Mesjid, Pelita, dan Kelurahan Air Hitam.

"Pembentukan Kampung KB di kawasan ini dilakukan secara bertahap. Tahun lalu sudah terbentuk Kampung KB di kabupaten/kota, tahun ini ditargetkan di semua kecamatan ada Kampung KB terutama di kawasan legok, dan tahun depan ditargetkan semua desa/kelurahan telah memiliki Kampung KB," kata Karlina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper