Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Balikpapan Data Ulang Warga Miskin Akhir Agustus

Pemerintah Kota Balikpapan akan membuka 40 posko pendataan keluarga miskin, atau penerima manfaat bantuan, pada akhir Agustus nanti.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan membuka 40 posko pendataan keluarga miskin, atau penerima manfaat bantuan, pada akhir Agustus nanti.

Pendataan tersebut merupakan bagian dari program Mekanisme Pendataan Mandiri yang dicanangkan pemerintah pusat untuk percepatan penanggulangan kemiskinan.

Sekretaris Dinas Sosial Balikpapan Ketut Rasna mengatakan sebelumnya pendataan untuk program ini dilakukan secara terpusat oleh tim percepatan penanggulangan kemisninan, namun tahun ini pendataan diserahkan ke daerah.

"Programnya mekanisme pendataan mandiri, warga yang merasa tidak mampu kemudian ingin mendapatkan manfaat bisa lapor di posko yang telah dibuka," ujarnya, Selasa (15/8/2017).

Menurutnya, pendataan dilakukan dalam beberapa tahapan, yakni pendaftaran oleh warga, verifikasi data, input data sesuai sistem yang disediakan, dan validasi dari pemerintah pusat.

Validasi data akan disusun berperingkat sesuai kriteria yang ditetapkan.

Adapun kriteria penerima manfaat bantuan adalah warga berpenghasilan di bawah Rp600.000, warga berpenghasilan tak tetap, warga lansia, dan sebagainya.

"Dalam pendaftaran atau pelaporan, warga tidak boleh diwakilkan sehingga harus mendaftarkan sendiri. Acuan kami dalam pendataan mandiri ini berdasarkan angka 9.563 Kepala Keluarga," lanjutnya.

Namun angka pasti nantinya dapat berubah karena kriteria yang lebih spesifik. Selain itu, tak menutup kemungkinan terdapat sebagian warga yang enggan melaporkan diri.

"Mereka akan mendapatkan bantuan atau penerima manfaat dalam penanganan kemiskinan seperti subsidi listrik, subsidi bbm, aslut, rastra, kesehatan dan pendidikan," tutup Ketut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper