Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara APT Pranoto Samarinda Permudah Layanan Logistik

Pelaku usaha jasa logistik menilai operasional Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda akan memudahkan pengiriman barang ke Kota Samarinda dan sekitarnya.
PT Angkasa Pura Logistik/Istimewa
PT Angkasa Pura Logistik/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Pelaku usaha jasa logistik menilai operasional Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda akan memudahkan pengiriman barang ke Kota Samarinda dan sekitarnya.

Kepala Cabang Pos Indonesia Balikpapan Aulia Pribadi Ananta mengatakan pembukaan bandara di Samarinda akan mempermudah perusahaan logistik untuk langsung menurunkan barang.

"Kami justru terbantu, karena yang kami utamakan adalah layanan kepada customer. Kami memang mengharapkan ada banyak titik-titik pengiriman langsung," tutur Aulia, Kamis (19/10/2017).

Paket milik para pengguna jasa di Bontang, Samarinda, dan Tenggarong akan masuk ke Balikpapan dulu untuk kemudian diantar ke lokasi tujuan. Dalam sehari, perseroan mengantarkan paket untuk ketiga kota tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Menurutnya, pengalihan penerimaan barang di Bandara APT Pranoto tak akan memakan waktu lama. Apabila Pos Indonesia telah menerima informasi rute penerbangan dari maskapai, maka perseroan akan segera menyusun penyesuaian.

"Nanti Kanwil Pos Indonesia yang akan membuatkan jadwal, kami juga kan bekerjasama dengan Angkasa Pura. Jadi koordinasi pengalihan penurunan barang tidak akan lama," ungkapnya.

Sementara itu, Head of Regional JNE Kalimantan Jose Junior mengatakan pembukaan bandara di ibukota Kaltim tersebut akan menguntungkan perusahaan.

"Biaya pengiriman bisa saja turun karena waktunya lebih singkat, kalau turun di Balikpapan dulu kan harus diantar. Tapi biaya pengiriman pun bergantung pada nominal yang ditetapkan bandara dan maskapai," jelas Jose.

Lebih jauh, dia mengatakan pihaknya akan meninjau terlebih dahulu fasilitas dan aspek keamanan pengelolaan logistik di Bandara APT Pranoto sebelum mengalihkan sebagian pengiriman ke Samarinda.

"Sampai saat ini kan belum ada kepastian. Jika sudah jelas kapan beroperasi, kami akan lihat lagi kondisinya. Kami harus berhati-hati dalam urusan penanganan logistik," ungkap Jose.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper