Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Yonif 611/Awang Long Akhiri Tugas Amankan Perbatasan RI-Malaysia

Ratusan Prajurit 621/Manuntung (Mtg) Kodam VI/Mulawarman menggantikan Pasukan Satuan Tugas Penjaga Wilayah Perbatasan (Satgas Pamtas) Pasukan Yonif 611/Awang Long (Awl) yang bermarkas di Samarinda Kaltim telah bertugas selama 9 bulan terakhir.

Kabar24.com, SAMARINDA - Ratusan Prajurit 621/Manuntung (Mtg) Kodam VI/Mulawarman menggantikan Pasukan Satuan Tugas Penjaga Wilayah Perbatasan (Satgas Pamtas) Pasukan Yonif 611/Awang Long (Awl) yang bermarkas di Samarinda Kaltim telah bertugas selama 9 bulan terakhir.

Serah terima alih komando dan pengendalian (kodal) ini dilaksanakan di Jl. Fatahilah Kotis Satgas Pamtas RI - Malaysia Kel. Nunukan Tengah Kec. Nunukan Kab. Nunukan Provinsi Kaltara, Jum’at (20/10/2017).

Kasrem yang bertindak selaku Wadan Kolaops Korem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E. Riupassa menyampaikan tentang persoalan perbatasan antar negara, hingga kini masih merupakan suatu permasalahan yang cukup kompleks, menyangkut kedaulatan, Integritas maupun martabat masing-masing negara.

”Sesuai amanat Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, bahwa kawasan perbatasan juga memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi seperti penyelundupan khususnya Narkoba dan kegiatan-kegiatan illegal,” kata Frenky dalam pers rilisnya.

Kegiatab illegal itu antara lain illegal logging, illegal minning, illegal traficking, termasuk pelintas batas secara illegal. Hal ini agar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas pengaman perbatasan.

Berdasarkan laporan Purna Tugas dan hasil evaluasi dari Satgas Yonif 611/Awang Long, terlihat bahwa para prajurit telah mampu melaksanakan tugas yang diberikan dalam menjaga keamanan perbatasan RI – Malaysia dengan sangat baik.

Ini terlihat, meningkatnya jumlah patok batas yang telah diketahui letak dan kondisi realnya. Kemudian, menggagalkan penyelundupan Narkoba 51,66 gram, Miras 949 botol, menerima penyerahan senjata 83 pucuk, pistol 1 pucuk, munisi penabur 2 butir dan deportasi TKI sebanyak 2.421 orang.

Hal ini tidak terlepas dari keseriusan dan semangat yang telah ditunjukkan dengan baik oleh seluruh prajurit.

”Selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, saya menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus dan penghargaan kepada Satgas Yonif 611/Awang Long yang telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan dengan sangat baik”, ujarnya.

Acara dilanjutkan Penandatanganan Naskah serah terima Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 611/Awang Long ke Yonif 621/Manuntung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper